25.3 C
Jakarta
Kamis, Februari 25, 2021

348 Tenaga Kesehatan Sumut Terpapar Covid-19 Termasuk 40 Dokter

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Propublik.id, Sumatera Utara-Setidaknya 348 tenaga kesehatan di Sumatera Utara (Sumut) terpapar Covid-19, 40 diantaranya dokter spesialis.

Sedangkan terhitung hari ini 10 Agustus 2020 pukul 16.25 WIB yaitu suspek sebanyak 564 orang, konfirmasi Covid-19 Positif 4.948 orang dengan penambahan seminggu terakhir sebanyak 755 orang.

Sedangkan, ada 13 orang Peserta Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) yang terpapar virus corona lalu, 29 orang dokter umum, 207 orang perawat, 29 orang bidan dan 30 orang analis laboratorium.

Hal ini diinformasikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut Whiko Irwan dalam Update Mingguan Covid-19 Sumut pada konferensi video secara live dari Media Center GTPP Sumut, Kantor Gubernur Sumut, Medan, Sumut, Senin (10/8/2020).

“Dan beberapa orang telah meninggal dunia dengan konfirmasi Covid-19 positif. Marilah kita semua mendukung tugas perjuangan para petugas medis dan meringankan beban kerja mereka dengan tidak menambah penderita baru,” kata dia.

“Walaupun kita merasa memiliki imunitas tubuh yang kuat, jangan egois mengabaikan protokol kesehatan untuk melindungi saudara-saudara kita yang rentan terinfeksi virus,” sambung Whiko.

Adapun Penderita Covid-19 yang sembuh 2.097 orang dengan penambahan dalam satu minggu terkahir sebanyak 445 orang. Penderita Covid-19 yang meninggal dunia sebanyak 226 orang dengan penambahan 22 orang dalam seminggu terkahir.

“Terakhir, spesimen yang diperoleh GTPP Covid-19 Sumut hingga saat ini mencapai 25.934 sampel dengan penambahan 3.576 sampel seminggu terakhir,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Whiko menyampaikan apresiasi kepada petugas kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam merawat penderita Covid-19 di rumah sakit.

Whiko menyebutkan angka kesembuhan per 9 Agustus meningkat hingga 42,95% atau sebanyak 2.070 orang dibanding akhir tahap I penanggulangan Covid-19 Sumut (30 Juni 2020) yang hanya sebesar 26,11% atau sebanyak 405 orang.

“Sebaliknya, pasien meninggal terjadi penuruan 4,67% dibanding akhir tahap I yakni 5,93%,” ungkap dia.

Namun demikian, masih terdapat penambahan pasien Covid-19 setiap harinya. Berkaitan dengan hal ini, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 pada tanggal 4 Agustus 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Whiko menerangkan bahwan Inpres tersebut telah ditindaklanjuti oleh Tim GTPP Covid-19 Sumut dengan terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan secara massif dengan memaksimalkan seluruh komponen masyarakat.

Kemudian, Gubernur Edy Rahmayadi juga telah meminta kepada Bupati dan Walikota se-Sumut untuk menerbitkan Perbup dan Perwal dalam rangka mendisiplinkan masyarakat dan menerapkan sanksi sesuai dengan yang ada dalam Inpres Nomor 6 dengan mempertimbangkan kearifan lokal.

Editor: Iman More

Berita Terkait

Berita Terkini

Presiden Jokowi: Lumbung Pangan di Sumba Tengah, NTT Akan Diperluas Hingga 10.000 Hektare

Propublik.id, Sumba Tengah, NTT -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan luas lumbung pangan atau food estate di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan...

Jasa Marga Percepat Waktu Penyelesaian Pekarjaan Rekonstruksi Tahap 1 Simpang Susun Cikunir

Propublik.id, Bekasi, Jabar – Untuk memberikan kenyamanan pengguna jalan khususnya di Jalan Tol Ruas Jakarta - Cikampek, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) percepat...