31.4 C
Jakarta
Senin, Maret 1, 2021

61 Pelabuhan Buka Akses, Pelni Prediksi Jumlah Penumpang akan Meningkat

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Propublik.id, Jakarta– Pasca penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah 61 pelabuhan di Indonesia yang membuka akses untuk embarkasi (pemberangkatan) dan debarkasi (penurunan) penumpang. Lima pelabuhan lainnya hanya membuka akses untuk embarkasi. Pembukaan akses ini membuat PT Pelni meyakini peningkatan jumlah penumpang akan segera terjadi.

“Pelni optimis jumlah penumpang akan terus meningkat terutama setelah mulai dibukanya kembali pelabuhan dan mulai dilakukannya kembali kegiatan operasional kapal walaupun masih secara bergantian guna menjaga efektifitas dan efisiensi kegiatan operasional,” ungkap Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero) O.M. Sodikin, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Dia menjelaskan, setelah adanya pelonggaran perjalanan bagi penumpang, Pelni mencatatkan sebanyak 14.685 pelanggan telah berpergian dengan kapal penumpang sejak Mei 2020 hingga 5 Juli 2020 dan sebanyak 16.456 pelanggan yang berpergian dengan kapal perintis pada periode yang sama.

Ditambahkan Yahya Kuncoro, Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni bahwa BUMN di bidang transportasi laut ini akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam kegiatan naik-turun penumpang dan selama perjalanan. Protokol tersebut diberlakukan bagi awak kapal maupun penumpang.

Yahya mengemukakan bahwa Pelni berkomitmen untuk menciptakan pelayaran yang aman dan selamat. Maka salah satu cara yang ditempuh adalah membatasi jumlah penumpang di atas kapal, yakni sebesar 50% dari kapasitas. Selain itu, semua kru telah dilengkapi dengan APD yang wajib dipergunakan selama bertugas
“Para penumpang wajib menyertakan surat hasil rapid test ketika akan berpergian dengan kapal Pelni. Kami terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama menjalankan kegiatan operasional,” tutur Yahya.

Saat ini Pelni telah mengoperasikan enam kapal Penumpang. Berikut nama kapal dan rute masing-masing:
1. KM Bukit Siguntang dengan rute Makassar – Pare-Pare – Balikpapan – Tarakan – Nunukan – Balikpapan – Pare-Pare – Makassar – Larantuka – Kupang (PP);

2. KM Labobar: Bitung – Ternate – Sorong – Manokwari – Serui – Jayapura – Serui – Manokwari – Sorong – Ternate – Bitung – Pantoloan – Balikpapan – Surabaya;

3. KM Dobonsolo: (Tg. Priok – Surabaya – Makassar – BauBau – Ambon – Sorong – Serui -Jayapura (PP).

4. KM Gunung Dempo: Tg. Priok – Surabaya – Makassar – Sorong – Manokwari – Wasior – Jayapura -Manokwari – Sorong – Namlea – Makassar – Surabaya – Tg. Priok;

5. KM Dorolonda: Tg. Priok – Surabaya – Makassar – BauBau – Namlea – Ambon – Ternate – Bitung (PP).

6. KM Kelimutu: Semarang – Sampit – Surabaya – Kumai – Surabaya – Sampit – Semarang – Kumai – Semarang – Karimun Jawa – Semarang – Sampit – Surabaya.

“Pada pelayaran KM Kelimutu Minggu kemarin (5/7), kapal membawa 239 penumpang dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, dimana 237 penumpang turun di Pelabuhan Sampit,” kata Yahya.

 

Editor: Edward Panggabean

Berita Terkait

Berita Terkini

Diciduk Polisi Lagi, Tes Urine Millen Cyrus Positif Benzo

Propublik.id, Jakarta -- Selebgram Millen Cyrus kembali harus berurusan dengan aparat Polda Metro Jaya setelah terciduk saat berada di Kafe Brotherhood, Jakarta Selatan, pada...

650 Pendidik dan Tenaga Pendidik Disuntik Vaksin COVID-19

Propublik.id, Jakarta -- Pemerintah memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pendidik dan tenaga pendidik (PTK), yang ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi massal bagi 650 orang PTK...