dr Lucia Rika Andalusia, Direktur Registrasi Obat BPOM dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/10/2020).
dr Lucia Rika Andalusia, Direktur Registrasi Obat BPOM dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/10/2020).

Cek Kualitas Vaksin Covid-19, Tim BPOM Inspeksi Langsung ke China

Propublik.id, Jakarta-Hari ini tim dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) berangkat ke China untuk melakukan inspeksi langsung ke tempat produksi vaksin yang akan dibeli Indonesia.

“Dengan melakukan inspeksi tersebut, BPOM bisa memastikan mutu vaksin, pengamatan kepatuhan industri dan memproduksi vaksin sesuai dengan persyaratan CPOB (cara pembuatan obat yang baik),” kata Dr Lucia Rika Andalusia, Direktur Registrasi Obat BPOM dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/10/2020).

Dari segi khasiat keamanan vaksin, BPOM mengawal pelaksanaan uji klinik vaksin, mulai dari penyusunan protokol uji klinik dan pemberian persetujuan pelaksanaan uji klinik sampai pelaksanaan uji klinik tersebut.

Pengawalan pelaksanaan uji klinik dilakukan BPOM dengan melakukan inspeksi secara berkala untuk memastikan kaidah dan protokol standar dipatuhi dan dilaksanakan oleh produsen vaksin.

“Sejauh ini, dari hasil inspeksi kami tidak ada laporan kejadian efek samping yang serius akibat pemberian vaksin uji tersebut,” ungkap Lusia.

Tim tersebut akan melakukan inspeksi ke tiga sarana produksi vaksin yang dimiliki China, masing-masing Sinovac, Sinopharm, dan Cansino.

Dalam inspeksi kali ini, BPOM berangkat ke China bersama delegasi dari Kementerian Kesehatan, LPPOM MUI, dan Biofarma.

Editor: Edward Panggabean

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa komentarmu?