27.4 C
Jakarta
Senin, Maret 1, 2021

Covid-19, Freeport Ajukan Perpanjangan Waktu Pembangunan Smelter

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Propublik.id, Jakarta-PT Freeport Indonesia (PTFI) telah mengajukan perpanjangan masa pembangunan smelter kepada pemerintah. Menurut Presiden Direktur PTFI Tony Wenas, pengajuan ini dipengaruhi oleh terganggunya pelaksanaan proyek sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

“Kita sudah ajukan ke pemerintah perpanjangan waktu 12 bulan. Saat ini masih terus dikaji pemerintah, Kementerian ESDM dalam hal ini,” ujar Tony Wenas dalam diskusi virtual bersama pengamat pertambangan Ferdi Hasiman di Kanal Youtube Ferdi Hasiman, Rabu (29/7/2020).

Tony menjelaskan bahwa untuk pembangunan smelter pihaknya bekerja sama dengan satu kontraktor utama dan dua konsultan internasional yang beasal dari tiga negara, yakni dari Jepang, Finlandia, dan Kanada. Ketiga negara tersebut juga turut terdampak pandemi corona. Kondisi tersebut menyebabkan tiga perusahaan partner tersebut mengalami kendala operasi.

“Apalagi Gresik juga menerapkan PSBB. Jadi lokasi industrial estate pembangunan smelter juga terdampak Covid,” lanjut Tony.

Dampak pandemi corona yang paling nyata, menurut Tony, dalam empat bulan terakhir hampir tidak ada kemajuan dalam pembangunan smelter di Gresik. Karena itu dia berharap keputusan pemerintah terkait perpanjangan waktu pembangunan smelter bisa diterima dalam waktu dekat.

Lokasi pembangunan smelter PTFI adalah Kawasan Industri Java Integrated Industrial Estate (JIIPE) yang berlokasi di Manyar, Gresik, Jawa Timur. Lokasi ini dimiliki oleh Pelindo III dan PT AKR Corporindo Tbk. Lahan yang dialokasikan untuk PTFI seluas 100 Ha. Sedangkan kapasitas smelter direncanakan mampu mengolah 2 juta ton konsentrat per tahun. Anggaran yang disiapkan PTFI untuk pembangunan smelter mencapai US$ 3 miliar atau sekitar Rp 42 triliun.

Tony juga mengungkapkan dampak pandemi corona terasa juga di wilayah pertambangan PTFI. Karena itu Tembagapura, Papua yang menjadi basis pertambangan telah di-lockdown sejak 25 Maret lalu. Kebijakan ini akhirnya berdampak pada operasi perusahaan. Rotasi karyawan terhambat. Alhasil, karyawan yang telah bekerja di areal pertambangan sebelum lockdown diberlakukan tak bisa dirotasi.

“Yang sudah berada di Grasberg (lokasi tambang) tetap berada di sana karena Tembagapura di-lockdown,” lanjut Tony.

Namun dia juga mengungkapkan kepuasan lantaran di tengah kendala operasional, target produksi tetap terpenuhi. Semua proses dilakukan dengan cara baru yang memperhatikan protokol kesehatan “new normal”. Kapasitas angkut kendaraan, bus dan trem, dibatasi lebih dari separuh. Keberadaan orang di fasilitas-fasilitas umum pun dibatasi.

PTFI sudah melakukan lebih dari 10.000 rapid test di lingkungan karyawan. Untuk penanganan covid, PTFI juga menambahkan 60 tenaga medis ke rumah sakit di Tembagapura.

 

Editor: Edward Panggabean

Berita Terkait

Berita Terkini

Diciduk Polisi Lagi, Tes Urine Millen Cyrus Positif Benzo

Propublik.id, Jakarta -- Selebgram Millen Cyrus kembali harus berurusan dengan aparat Polda Metro Jaya setelah terciduk saat berada di Kafe Brotherhood, Jakarta Selatan, pada...

650 Pendidik dan Tenaga Pendidik Disuntik Vaksin COVID-19

Propublik.id, Jakarta -- Pemerintah memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pendidik dan tenaga pendidik (PTK), yang ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi massal bagi 650 orang PTK...