Screenshot laporan Danareksa
Screenshot laporan Danareksa

Dapatkah Pelaku Usaha di Indonesia Bertahan Selama Pandemi? Ini Analisa Danareksa Research Institute

Propublik.id, Jakarta – Danareksa Research Institute, divisi riset BUMN PT Danareksa merilis analisa lengkap tentang perekonomian Indonesia dengan judul laporan “Adaptasi untuk Bangkit Kembali” yang difokuskan kepada upaya pelaku usaha untuk bertahan dan beradaptasi selama pandemi Covid-19.

Dalam laporan rutin bernama DRI’s Pulse Check edisi Oktober, Danareksa Research mengutip survey Badan Pusat Statistik terhadap pelaku usaha dari berbagai sektor, yang menunjukan bahwa sebesar 27 persen pelaku usaha telah mulai memaksimalkan pemanfaatan internet dan TI untuk pemasaran, sedangkan 15 persen mendiversifikasikan usahanya, dan 5 persen beralih ke sektor yang berbeda.

Baca Juga :  Survey DBS: Indonesia Tersiap Ketiga di Asia Tenggara dalam Pemanfaatan Digitalisasi di Dunia Bisnis

“DRI juga mengemukakan bahwa pertumbuhan kredit kembali melambat di Agustus 2020 karena: 1) lemahnya permintaan kredit baru, 2) peningkatan prinsip kehati-hatian bank yang sejalan dengan peningkatan risiko kredit. Sementara itu, penerbitan obligasi korporasi meningkat tajam di kuartal 3-2020 meskipun masih terbatas pada high grade corporation.”

Yang cukup mengejutkan, dalam analisanya tentang ekonomi Indonesia, di tengah pertumbuhan ekonomi yang melemah, sektor consumer diperkirakan akan bertahan dan tumbuh 9,8 persen lebih tinggi dibandingkan sektor lainnya.

“Hal ini sejalan dengan adanya bantuan pemerintah sebesar Rp 204 triliun yang telah terealisasi lebih dari 60 persen hingga September 2020,” kata DRI dalam laporannya.

Omnibus Law Dikupas

Selain itu, laporan tersebut juga membahas UU Omnibus Law yang memberikan dampak pada hampir semua sektor terutama untuk meningkatkan lapangan kerja dan pengembangan UMKM.

Dalam laporan lengkapnya, DRI menyajikan hasil diskusi CFO Club dari berbagai sektor, seperti otomotif, chemical, energi, layanan bisnis dan asuransimengenai dampak pandemi COVID-19 terhadap berbagai bidang usaha di Indonesia.

Untuk mendownload laporan lengkap dapat diunduh dari link ini.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa komentarmu?