25.3 C
Jakarta
Kamis, Februari 25, 2021

Deklarasi KAUM, Kejatisu Berharap Junjung Keadilan Dan Penegakan Hukum

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

ProPublik.id, Sumatera Utara – Advokat merupakan bagian dari catur wangsa lembaga penegakan hukum (Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman) pasca adanya  Undang Undang Advokat No.18 Tahun 2003.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut (Kajatisu) diwakili Yusnar Yusuf Hasibuan mengatakan seseorang yang berani menegakkan keadilan akan membersihkan bumi dibandingkan hujan selama 40 hari.

“Mengapa demikian, karena keadilan akan membersihkan bentuk segala kejahatan, kecurangan yang dilakukan manusia zholim, apalagi keadilan suatu pemerintahan akan memberikan dampak banyak orang bukan hanya pribadi-pribadi,” jelas Amir Yanto yang disampaikan Yusnar pada acara deklarasi Korps Advokat Alumni UMSU (KAUM), Medan, Sumut, Sabtu, 4 Juli 2020.

Amir menambahkan pihaknya berharap, KAUM selalu solid jaya dan terus memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan masyarakat Indonesia.

“Hendaknya tetap tegakkan keadilan walaupun langit tetap runtuh,” ungkapnya.

Sementara Mahmud Irsad Lubis selaku Ketua KAUM, menambahkan Korps Advokat Alumni UMSU (KAUM) siap mengedepankan profesional penegakan hukum di NKRI ini dan tetap menjunjung tinggi profesionalisme, advokat bertindak sebagai seorang advokat, kepolisian, kejaksaan dan kehakiman bertindak sebagai institusi penegak hukum yang mengedepankan dirinya catur wangsa.

“Kedepan KAUM berkontribusi dalam pembangunan Sumut terkhusus dibidang penegakan hukum. KAUM mampu mewarnai perjuangan penegakan hukum dan tidak diwarnai oleh siapapun,” ungkapnya.

Wakil Dekan 3 Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) M Zainuddin mewakili Rektor DR Agussani menyampaikan bahwa alumni Fakultas Hukum UMSU mencapai lebih kurang 2000. Dia menilai satu sisi ini merupakan promosi bagi UMSU sendiri.

“Sementara disisi lain ini berat menjadi amanah. Kenapa, karena embel-embel yang dideklarasikan UMSU. Muhammadiyah organisasi besar. Sebelum negara ini berdiri Muhammadiyah sudah ada 1912. Kami berharap Korps Alumni UMSU tetap berada dalam garis dan norma-norma yang ada,” sebutnya.

M Zainuddin berharap kepada KAUM agar untuk membawa hal-hal yang baik walaupun nantinya dalam prakteknya antara korps ini juga tidak menutup kemungkinan akan berhadapan di peradilan.

“Hukum itu cenderung dengan kepentingan dan hukum itu bisa diartikan dengan kepentingan. Oleh karenanya saya mengharapkan kepada semuanya, marilah kepentingan itu diletakkan diatas norma yang ada,” tandas sembari menambahkan KAUM bisa menambah penilaian masyarakat terhadap Fakultas Hukum, yang sudah terakreditasi A.

Hadir pada deklarasi ini Kapolda di wakili AKBP Rafles Napitupulu, Advokat Binkum Polda Sumut, Hakim Tinggi PT Medan Suwidya SH LLM, Pangdam I/BB diwakili Kolonel Martohap Simorangkir SH dan Danlantamal Belawan Haridus, Staff Ahli Bidang Ekonomi Provinsi Sumut Mewakili Gubsu Laksamana Agus Tripiono, Kajatisu diwakili Yusnar Yusuf, Ketua Pengadilan Agama Medan, Ketua Pimpinan OA Peradi KAI Sumut, DPD Ikadin Sumut.

Adapun struktur pengurus yang dilantik Dewan Pengawas Irfan yakni, Ketua Kaum Mahmud Irsad Lubis, Sekretaris Jendral (Sekjen) Bambang Santoso, Bendahara T Fahmiluddin, dan Ketua Panitia Pelaksana Deklarasi Kaum Armansah A dan Dewan Pengawas Zakaria Rambe.

Editor: Edward Panggabean

Berita Terkait

Berita Terkini

Presiden Jokowi: Lumbung Pangan di Sumba Tengah, NTT Akan Diperluas Hingga 10.000 Hektare

Propublik.id, Sumba Tengah, NTT -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan luas lumbung pangan atau food estate di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan...

Jasa Marga Percepat Waktu Penyelesaian Pekarjaan Rekonstruksi Tahap 1 Simpang Susun Cikunir

Propublik.id, Bekasi, Jabar – Untuk memberikan kenyamanan pengguna jalan khususnya di Jalan Tol Ruas Jakarta - Cikampek, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) percepat...