Di Swiss Erick Tohir Perkuat Kerjasama Bangun Pabrik Kereta Dengan Stadler

ProPublik.id, Jakarta РMenteri BUMN Erick Thoir dalam kunjungannya ke Swiss perkuat kerjasama dengan Stadler Train, produsen pembuat Kereta Api asal negara yang dikenal dengan pegunungan Alpen tersebut. Mereka sepakat  membangun pabrik Kereta Api dengan mengandeng dua perusahaan BUMN yakni PT KAI dan PT INKA (Persero).

“Kemarin di Swiss Alhamdulillah juga kita bisa mengangkat PT KAI menjadi pemain regional. Kita bersepakat dengan Stadler Train (perusahaan manufakture pembuat kereta api) bahwa dengan partnership dengan grup Kereta Api Indonesia yang di bawahnya tentu ada PT Kereta Api dan INKA, bersama-sama kita akan membangun pabrik dan pabriknya sendiri sudah akan selesai,” ucap Erick dalam Keterangan pers secara virtual dari Swiss, Jumat (16/10/2020).

Erick berharap untuk memastikan bagaimana Pemerintah Indonesia bisa mensupply atau membuat gerbong kereta api di tingkat dunia, atas kelas dunia. Dia juga menyampaikan dengan itu Staddler juga memastikan akan membuat kantor pusat untuk regional Asia dan Oceania di Indonesia.

“Karena ini kita sangat apresiasi kepercayaan internasional kepada kita dan kita memastikan bahwa tadi akan banyak lagi perusahaan-perusahaan BUMN yang bisa berkualitas global ataupun regional,” tandasnya.

Sebelumnya PT INKA dan PT KAI perusahaan plat merah bersama Stadler Rain telah mendirikan perusahaan patungan atau joint venture dalam pembangunan pabrik kereta api di Banyuwangi, Jawa Timur.

Erick melakukan kunjungan kerja ke Luar Negeri bersama Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi dan tim Kesehatan sejak Senin, 12 Oktober 2020 melawat ke beberapa negara, setelah dari London, Inggris dan kemudian
dilanjutkan ke Bern dan Jenewa, Swiss.

Seperti diketahui Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga menjalin kerjasama dengan China guna peningkatan akses pasar untuk buah tropis, produk perikanan dan seafood, serta sarang burung wallet dan penambahan impor batu bara dari Indonesia.

Baca Juga :  Solusi Covid-19, Indonesia-Singapura Sepakati Travel Corridor

Editor: Telly Nathalia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa komentarmu?