26.3 C
Jakarta
Sabtu, Maret 6, 2021

Dukung Program Museum Perkebunan, PTPN II Sumbang Mobil

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Propublik id, Sumatera Utara-Keberadaan Museum Perkebunan Indonesia (Musperin) yang berdiri pada 10 Desember 2016 lalu, mempunyai peran yang sangat penting sebagai sumber ilmu pengetahuan dan sekaligus menjadi obyek wisata budaya.

Musperin dikelolah dibawah yayasan Meseum Perkebunan Indonesia, salah satu museum yang aktif dalam mendukung program pendidikan dan pariwisata di  Kota Medan, Sumatera Utara.

Sesuai motonya, “connecting the past to the future” artinya belajar masa lalu dengan masa depan yaitu belajar masa lalu untuk masa depan.

Karenanya, PTPN 2 mempunyal kepedulian terhadap pelestarian warisan budaya bangsa, sehingga kedepan dapat meningkatkan programnya dalam pelestarian warisan sejarah budaya, dan memberikan bimbingan edukasi kepada anak-anak sekolah, mahasiswa dan masyarakat.

Direktur PTPN 2 Marisi Butar-Butar mengatakan, program Musperin harus di dukung, dengan bantuan kendaraan operasional diharapkan program kegiatan Musperin dapat meningkatkan pelayanan utama kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dan pariwisata.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Museum Perkebunan Indonesia Soedjai Kartasasmita menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur Holding PTP yang telah mendukung terhadap pengembangan Musperin. Terutama sumbangan kendaraan operasional melalul program CSR. Mudah mudahan dengan adanya kendaraan operasional Musperin dapat meningkatkan program program publiknya.

Selama 4 tahun, Musperin telah dikunjugi masyarakat setidaknya sekitar 150 ribu orang. Musperin lahir dari momentum perkebunan di Sumatera Timur (sekarang Sumatera Utara) sebagal pusat perkebunan komersil pertama di Indonesia yang dirintis oleh Nienhuijs sejak tanggal 17 Juli 1863.

Kemudian, perkebunan itu terus berkembang dan mencakup hampir seluruh pesisir Timur Sumatera Utara  mulai dari Langkat hingga Labuhanbatu.

Musperin didirikan dan dibangunan lama di Kota Medan sebagai monumen peringatan terhadap perkebunan di Sumatera Utara bahkan di Indonesia.  Dengan demikian, pendirian Museum Perkebunan ini sekaligus menjembatani ketiadaan monumen perkebunan di Sumut.

Di Museum ini, pengunjung dapat mencari inspirasi serta menggapai mimpi tentang masa lalu dan masa depan perkebunan di Indonesia.  Harapannya tentu eksistensi museum akan memberikan aspek masa lampau perkebunan serta kontribusinya terhadap Bangsa Indonesia.

Sementara Ketua Musperin Sri Hartati menyampaikan, terima kasih kepada PTPN2 atas bantuan CSR ke Musperin, terutama juga kepada Dirut Holding PTPN M Abdul Ghani serta seluruh pimpinan perkebunan di Indonesia.

Dengan bantuan CSR dari PTPN2 dapat digunakan untuk mendukung pendidikan dan pariwisata, khususnya kepada anak-anak didik dan para wisatawan.

Editor: Tomy Margonda

Berita Terkait

Tinggalkan pesan anda

Ketik komentar anda
Masukan nama anda

Berita Terkini

Sandyakalaning Trah Cikeas

Bolehlah sementara Rakyat indonesia lanjutkan mimpi Moeldoko jadi orang nomor satu NKRI pasca pecundangi SBY. Diskursus Politik indonesia unpredictable (tak gampang ditebak) siapa tahu nama Moeldoko mecuat setelah Itu?

Jasa Marga Percepat Waktu Penyelesaian Pekarjaan Rekonstruksi Tahap 1 Simpang Susun Cikunir

Propublik.id, Bekasi, Jabar – Untuk memberikan kenyamanan pengguna jalan khususnya di Jalan Tol Ruas Jakarta - Cikampek, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) percepat...