25.4 C
Jakarta
Kamis, Februari 25, 2021

Google Cloud Platform Region kini hadir di Jakarta

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

ProPublik.id, Jakarta-Google & Alphabe luncurkan Region Google Cloud Platform (GCP), untuk mendukung pelanggan di Indonesia serta pengguna, region ini merupakan region GCP pertama di Indonesia dan yang ke-9 di Asia-Pasifik (APAC).

CEO Google & Alphabe, Sundar Pichai, mengatakan, peluncuran Region ini dilakukan secara online dengan Moto Google Indonesia adalah Maju Sama-Sama. Saat kita semua menghadapi tantangan yang unik ini, Google Cloud berkomitmen untuk berpartner dengan masyarakat Indonesia guna membangun masa depan yang tangguh.

“Selain meluncurkan region cloud yang baru, hari ini juga Google mengumumkan komitmen untuk membantu mengembangkan talenta yang krusial bagi perjalanan transformasi digital para pelanggan,” kata Sundar dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (26/6/2020).

Untuk membantu membangun angkatan kerja yang siap untuk cloud, tahun ini akan mengadakan 150.000 lab pelatihan langsung di Indonesia. Ini sudah mencakup akses untuk mendapatkan sesi pelatihan dan kredit GCP secara gratis, serta serangkaian inisiatif kesiapan karier seperti Juara GCP, pelatihan Cloud OnBoard, juga beasiswa digital dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia untuk membantu mendapatkan sertifikasi GCP.

“Sejak awal krisis COVID-19, kami menyediakan G Suite for Education bagi ribuan sekolah di Jakarta untuk membantu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Untuk membantu para pengajar menggunakan “kelas” mereka semaksimal mungkin, kami telah meluncurkan situs Mengajar dari Rumah dalam bahasa Indonesia. Situs ini menyediakan informasi, pelatihan, dan alat-alat yang membantu para pendidik mengajar dari rumah,” ujar Sundar.

Hari ini juga Google mengumumkan komitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia melengkapi jutaan pendidik dan siswa dengan menyediakan akses ke G Suite for Education secara nasional.

Cloud untuk Indonesia, Menurut Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi Bank Rakyat Indonesia (BRI Persero) Tbk. Indra Utoyo, Peluncuran region Jakarta (asia-southeast) yang baru ini lebih mendekatkan GCP ke pelanggan dan pengguna kami. Dengan latensi yang lebih rendah untuk akses ke data dan aplikasi, perusahaan yang berbisnis di Indonesia dapat mempercepat transformasi digital mereka.

“Ini juga akan membantu pelanggan memenuhi persyaratan regulasi dan kepatuhan tertentu, serta menyediakan lebih banyak opsi pemulihan bencana bagi pelanggan di APAC,” kata Indra.

Sejak awal, region ini dirancang untuk memiliki tiga zona Cloud sehingga bisa menangani beban kerja yang memerlukan tingkat ketersediaan tinggi. Dengan adanya region ini, Google Cloud sekarang menawarkan 24 region dan 73 zona di 17 negara di seluruh dunia.

Indra menerangkan, Adanya region di Jakarta ini akan membantu pelanggan dan calon pelanggan baru dalam memanfaatkan teknologi Google Cloud untuk menyajikan pengalaman pengguna lokal yang lebih baik.

“Google Cloud telah membantu kami dalam menjalankan strategi perbankan digital untuk meningkatkan inklusi finansial dan dalam melayani kebutuhan perbankan rakyat Indonesia,” ujar Indra.

“Saat ini, kami menggunakan Apigee, Google Maps Platform API, dan Cloud Vision untuk pengembangan produk. Dengan pendekatan hybrid, on-cloud, dan on-premise, baik Google maupun BRI menempatkan keamanan data di prioritas tertinggi. Peluncuran Google Cloud Region di Jakarta mempertegas komitmen Google dan akan membantu kami dalam menjangkau nasabah dengan lebih baik lagi.” tambah Indra.

Dengan target untuk mengalihkan 70% beban kerjanya ke cloud dalam tiga tahun ke depan, PT XL Axiata Tbk sebagai pemain utama di bidang telekomunikasi telah mengadopsi Anthos untuk mengotomatisasi, mengelola, dan menskalakan beban kerja di lingkungan hybrid/ multi-cloud-nya secara aman dan konsisten.

“XL Axiata berkomitmen untuk memodernisasi infrastruktur kami demi meningkatkan fleksibilitas bisnis dan mempercepat deployment aplikasi. Anthos sangat ideal bagi kami karena memungkinkan kami mengadopsi kontainer sekaligus memungkinkan Google, pemimpin di teknologi Kubernetes, melakukan pengelolaan infrastruktur kontainer bagi kami,” kata Yessie D Yosetya, Chief Information and Digital Officer XL Axiata.

Senada juga diungkapkan Tahir Hashmi, VP of Engineering Tokopedia. Dia mengatakan, Indonesia adalah tempat lahirnya banyak unicorn digital seperti Tokopedia yang memicu disrupsi di industri, dengan mentransformasikan cara mereka menyediakan layanan digital.

“Google Cloud telah memungkinkan kami untuk menghubungkan penjual dan pembeli dari seluruh negeri yang luas ini. Google Cloud Region di Jakarta menghadirkan peluang yang menarik untuk kesetaraan bisnis di Indonesia,” ujar Tahir.

Sedangkan menurut Myles Bertrand, Managing Director APAC, bersama dengan ekosistem partner lokal, kami membantu bisnis di berbagai industri mengadopsi teknologi baru untuk mempercepat transformasi digital mereka.

“Di dunia perbankan yang berubah dengan pesat, kami melihat semakin banyaknya bank dan lembaga keuangan yang mencari solusi cloud lokal,” kata Myles.

“Ada pemahaman yang lebih besar bahwa saat dijalankan di cloud, solusi itu bisa lebih responsif, fleksibel, inovatif, dan murah. Kami yakin bahwa kemitraan kami dengan Google Cloud Platform akan berdampak sangat positif bagi dunia perbankan digital di seluruh Asia-Pasifik.” tambahnya.

Region Jakarta diluncurkan dengan disertai kemasan layanan standar, termasuk Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery.

Para developer, data scientist, dan data engineer juga dapat memanfaatkan solusi ML (machine learning) dan AI (kecerdasan buatan) untuk membawa project mereka dari ide hingga deployment secara cepat dan hemat biaya. Pelanggan hybrid cloud dapat mengintegrasikan deployment yang baru dan yang sudah ada dengan bantuan ekosistem partner lokal GCP, serta melalui banyak lokasi Dedicated Interconnect.

Editor: Iman More

Berita Terkait

Berita Terkini

SRW Segera Luncurkan Profesi.io, Platform Manajemen SDM Berbasis Kecerdasan Buatan

SRW&Co., perusahaan jasa konsultan manajemen SDM akan segera meluncurkan sebuah platform manajemen SDM berbasis kecerdasan buatan bernama Profesi.io.

Peringatan HPN 2021, Presiden Ajak Pers Bersama Bangun Harapan dan Optimisme Hadapi Pandemi

Jakarta, ProPublik.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menilai jasa insan pers sangat besar bagi kemajuan bangsa Indonesia selama ini dan di masa yang...