5.7 C
Munich
Senin, Maret 8, 2021

Harganas 2020, Nawal Edy Rahmayani: Kontrol Kehamilan di Masa Pandemi

Must read

ProPublik.id | Sumatera Utara-Nawal Edy Rahmayadi, Ketua Umum Tim Penggerak Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) mengimbau keluarga untuk mampu merencanakan mengontrol kehamilan ibu di masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19). Hal itu perlu diingatkan karena perempuan hamil rentan terhadap gangguan kesehatan, termasuk penyebaran virus corona.“Jangan sampai pada masa Covid-19 ini terjadi baby boom (ledakan kelahiran), begitu banyak ibu hamil. Jadi kami bersama BKKBN ikut melaksanakan dan mendukung kegiatan ini,” imbau Nawal E. Rahmayadi dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Medan, Senin (29/6/2020).

Harganas yang diperingati setiap tanggal 29 Juni dirayakan secara berbeda oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada tahun ini, menyusul merebaknya virus corona. Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut bersama dengan BKKBN Sumut mengunjungi Puskesmas Araskabu, Deli Serdang dan RS Hermina Medan untuk memantau pelaksanaan program pelayanan Keluarga Berencana (KB) Sejuta Akseptor seluruh Indonesia.

“Ini adalah kegiatan KB serentak seluruh Indonesia, pelayanan serentak dari BKKBN. Kepada masyarakat supaya tetap melaksanakan keluarga berencana,” ujar Ketua TP PKK Sumut ini.

Melalui kegiatan tersebut, Nawal berharap, Sumut dapat mendukung tercapainya target sebanyak satu juta akseptor atau perempuan penerima manfaat program KB seluruh Indonesia. Sementara dari TP PKK sendiri, pihaknya menyerahkan bantuan sembako kepada warga yang terdampak Covid-19, guna meringankan beban masyarakat di tengah pandemi.

Sebagai pelaksana kegiatan, Kepala BKKBN Sumut Temazaro Zega yang mendampingi Ketua TP PKK Sumut mengatakan, untuk tahun ini pihaknya tidak melakukan perayaan seremonial dalam memperingati Harganas. Namun lebih kepada memastikan kehadiran pemerintah dan semua organisasi terkait di tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan.

“Yang kita lakukan memberikan pelayanan KB, tentu dengan mengikuti standar protokol kesehatan. Kita ingin melindungi masyarakat, keluarga, agar tidak terjadi kehamilan yang tidak direncanakan. Apalagi membahayakan kesehatan ibu dalam masa wabah Covid-19 ini,” jelasnya.

Peringatan Harganas 2020 di Sumut mengusung semangat untuk mewujudkan SDM yang unggul melalui keluarga menuju Indonesia Maju. Untuk Sumut, saat ini telah terdaftar sebanyak 63 ribu akseptor di seluruh kabupaten/kota, faskes dan klinik yang ada, ungkap Kepala BKKBN. Ia memastikan bahwa protokol kesehatan covid tetap dijalankan dalam pelayanan yang diberikan kepada akseptor.

Dalam kesempatan itu, Nawal juga menyempatkan diri berbincang bersama tenaga kesehatan serta warga yang antusias mengikuti program KB tersebut. Turut mendampingi Ketua TP PKK Sumut di antaranya Ketua PKK Kota Medan Nurul Khairani Akhyar, Camat Beringin Deli Serdang Wahyu R dan sejumlah pejabat lainnya.

Editor: Iman More

More articles

Latest article