26.5 C
Jakarta
Selasa, November 24, 2020

HUT Ke-75 Korps Marinir Terima Kado Gending “Gati Marinir” Dari Sultan HB X

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Propublik.id, Jakarta — Sri Sultan Hamengkubuwono X, memberi kado indah berupa Gending “Gati Marinir” kepada Komandan Korls Marijir Mayjen TNI marinir Suhartono, M.Tr (Han). Pemberian itu bertepatan dengan HUT ke-75 Korps Marinir, yang dilaksanakan di Graha Marinir, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun, Kwitang, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2020).

Sri Sultan HB X, yang nama aslinya Bendara Raden Mas (BRM) Herjuno Darpito, menjelaskan bahwa Gati Marinir merupakan gending yang mempunyai laras pelog dan pathet barang, dengan jenis kendhangan ladrang sabrangan.

Kata Marinir lanjut Sri Sultan, mengacu pada keberadaan tentara yang berhubungan dengan samudra/air. Gending tersebut dalam satu ulihan terdiri dari empat gongan, yaitu dua gongan pada bagian umpak dan dua gongan pada bagian ngelik.

“Sebenarnya kalimat lagu dalam gending tersebut hanya ada dua macam setiap satu ulihan, namun setiap satu gongan pada bagian umpak dan ngelik diulang sebanyak dua kali,” jelas Herjuno Darpito, yang saat ini juga menjabat sebagai Gunernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sri Sultan menambahkan setelah permainan sampai pada bagian paling akhir, kemudian diulang mulai dari bagian awal lagi. Demikian dimainkan secara berulang-ulang sesuai kebutuhan.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. selaku Inspektur upacara syukuran peringatan HUT ke-75 Korps Marinir menyatakan perayaan dilakukan sederhana tanpa melibatkan banyak personel, peralatan tempur dan diselenggarakan secara virtual.

Upacara diikuti secara virtual oleh Komando Pelaksana (Kolak) Korps Marinir antara lain Pasmar 1, Pasmar 2, Pasmar 3, Brigif 4 Mar/BS, Denjaka, Kolatmar, Lanmar Jakarta, Lanmar Surabaya, Kolak Pasmar, Yonmarhanlan I sampai dengan XIV serta personel Satgas Marinir yang sedang bertugas di dalam dan luar negeri seperti Satgas UN RDB MONUSCO, Satgas Puter (P. Berhala), Satgas Covid-19 Wisma Atlit, serta Satgas Percepatan Pembangunan di Lombok NTB.

“Material tempur Korps Marinir yang tergelar dalam upacara ini antara lain, 2 unit Sea Rider, 2 BTR-4, 2 Twin Gun, 2 Atav serta 2 RM-70 Grad,” ujar Dan Korps Marinir.

Reporter : Dedy Mulyadi

Berita Terkait

Tinggalkan pesan anda

Ketik komentar anda
Masukan nama anda

Berita Terkini

Realisasi Penerimaan Pajak Hingga Oktober Rp 991 triliun

  Propublik.id, Jakarta-Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam paparan terkait kondisi APBN Oktober 2020 menjelaskan, realisasi penerimaan pajak hingga akhir Oktober 2020 mencapai Rp 991 triliun. "Ini...

Adaptasi Baru Jadi Peluang untuk IKM Kosmetik

Propublik.id, Jakarta-Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih menilai pandemi Covid-19 dan adaptasi kebiasaan baru membawa perubahan pola hidup...