29 C
Jakarta
Jumat, Februari 26, 2021

Jaksa Agung Apresiasi Baksos Serempak, Kejari Kampar Sebar Sembako Ke Panti Asuhan

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

ProPublik.id, Jakarta-Dampak pandemi Covid-19, berimbas kepada warga tidak mampu, sebabnya Pemerintah Pusat mendorong ke setiap intansinya di wilayah untuk peka melihat warga terdampak dengan ikut berkontribusi dalam membantu serta meringankan beban mereka yang dilanda kesulitan.

Seperti dilakukan jajaran Kejaksaan RI yang mengelar Bahkti Sosial secara serempak di seluruh Indonesia, jelang peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60 tahun, yang jatuh pada tanggal 22 Juli 2020 mendatang dan HUT Ke-20 Ikatan Adhyaksa Dharma Karini.

Seperti dilakukan Kejaksaan Negeri Kampar, Riau ikut menyerahkan bantuan sembako ke para honorer di lingkungan Kejari Kampar dan Panti Asuhan Putri Aisyiyah Muhammadiyah, di Bangkinang, pada Rabu 15 Juli 2020.

Kepala Kejari Kampar, Suhendri mengatakan peringatan HBA Ke-60 tema yang diusung secara nasional yakni ‘Terus Bergerak dan Berkarya’. Meski, ditengah masa pandemi Covid-19 ini.

“Kejaksaan sebagai lembaga negara yang berfungsi dalam penegakan hukum, namun Kejaksaan tidak bisa diam dalam melaksanakan tugas, oleh karena itu kita terus bergerak, kita harus berkarya dengan menciptakan inovasi-inovasi dalam kegiatan tersebut,” ucap Suhendri.

Kandungan tema itulah, menjadi langkah Kejari Kampar yang untuk membantu kepada sesama, tidak saja pada saat HUT HBA ini. Sejak pandemi melanda Indonesia, pihaknya secara rutin memberi perhatian dengan mengelar Bakti Sosial, seperti kata Suhendri, pemberian sembako, pembagian masker dan sosialiasasi memutus mata rantai Covid-19 kepada masyarakat Kampar.

“Tema itu menginspirasi bagi kami, jajaran Kejaksaan untuk kompak, dan bergerak di saat situasi seperti ini, kepedulian pun dipertajam dan peka melihat sisi kehidupan warga dilingkungan kita, sehingga kita bisa memberi sekecil apa pun untuk dapat meringankan beban mereka,” ujarnya.

Sebelumnya, Kejari Kampar telah mengelar baksos ke masyarakat terdampak, sejak pandemi menyelimuti negeri ini. Jelang HBA Ke-60, kali ini pihaknya memberikan paket sembako ke Panti Putri Aisyiyah daerah Kampar.

Ketua Panti, Nurwati pun saat mendapat bantuan tersebut menyampaikan rasa terimakasihnya atas bantuan yang diberikan.

“Selamat menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60¬† dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa Dharma Karini ke -20 Tahun 2020, serta kami mengucapkan terimakasih kepada Kejari Kampar yang telah memberikan bantuan Sembako kepada kami,” tuturnya.

Kegiatan Baksos berupa pembagian sembako ini mendapat perhatian Pimpinan Kejaksaan RI, Jaksa Agung Burhanuddin dan Wakilnya, Setia Untung Arimuladi, dengan semangat jajarannya mereka pun memberikan apresiasinya.

Burhanuddin mengatakan kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen Kejaksaan dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini untuk membangun semangat kepedulian terhadap mereka yang membutuhkan perhatian.

“Untuk itu, saya sangat menyambut baik setiap kali diadakan kegiatan seperti ini,” ujar Burhanuddin saat pembukaan Baksos secara Serentak dengan Kejati dan Kejari seluruh Indonesia, di Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu 15 Juli 2020.

Dia menekankan, Baksos sejatinya menunjukkan tentang hakikat manusia sebagai mahluk sosial. Aksi solidaritas ini pada dasarnya meletakkan manusia dalam interaksi saling membutuhkan antar sesamanya dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya.

“Terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang berimbas kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu, maka sudah sepatutnya hal ini mendorong kita untuk lebih peka, seraya memberikan kontribusi nyata dalam membantu serta meringankan beban mereka yang dilanda kesulitan,” ungkapnya.

Momentum ini kata dia, sudah sepatutnya memicu kesadaran untuk membangun karakter manusia yang berguna. Karakter manusia yang dapat memberikan manfaat bagi lingkungan disekitarnya, walau sekecil apapun itu, dalam rangka membangun kehidupan yang lebih baik.

Jaksa Agung juga berharap kegiatan seperti ini tidak berhenti sebatas seremonial dalam rangka memperingati hari besar tertentu saja, namun sedianya merupakan agenda yang diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan, sebagai bagian dari pelayanan terhadap masyarakat.

Kegiatan Baksos serempak seluruh Kantor Kejaksaan RI ini dibuka oleh Jaksa Agung dan Ketua Umum IAD Pusat, melalui sarana video confrence.

Editor: Leonard Siagian

Berita Terkait

Berita Terkini

650 Pendidik dan Tenaga Pendidik Disuntik Vaksin COVID-19

Propublik.id, Jakarta -- Pemerintah memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pendidik dan tenaga pendidik (PTK), yang ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi massal bagi 650 orang PTK...

Presiden Jokowi: Lumbung Pangan di Sumba Tengah, NTT Akan Diperluas Hingga 10.000 Hektare

Propublik.id, Sumba Tengah, NTT -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan luas lumbung pangan atau food estate di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan...