5.9 C
Munich
Senin, Maret 8, 2021

Jaksa Agung Diminta Segera Isi Jamwas, Antisipasi Jaksa ‘Suka Main Mata’

Must read

ProPublik.id, Jakarta-Pemerhati hukum Prof Faisal Santiago mengatakan di peringatan HBA ke-60 yang perlu diperhatikan jajaran pimpinan Kejaksaan Agung, karen masih adanya oknum jaksa ‘suka main mata’ alias ‘ jaksa nakal’.

Karena itu perlu ada evaluasi terkait pengawasan dan pembinaan terhadap pejabat struktural terutama eselon I, hal itu diperlukan mengingat sejumlah kejadian belakangan terkait prilaku oknum jaksa.

“Yang harus segera diisi kursi jamwas yang sementara ini kosong. Sosoknya harus Jamwas yang memiliki integritas dalam menjalankan tugas pengawasan terhadap para jaksa dan memeriksanya apabila melanggar kode etik dan menyalahi aturan perundang-undangan,” ucap Faisal kepada media, Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Lanjut dia, dengan diisinya posisi Jamaas itu dapat mengembalikan marwah kejaksaan menjadi suatu institusi yang sangat dipercaya oleh masyarakat. Sebab dari survey beberapa lembaga terhadap intansi penegak hukum, kejaksaan menjadi salah satu instusi yang kepercayaan publik menurun.

“Maka perlu adanya terobosan baru dengan segera merombak struktur di bawah Jaksa Agung,” tutur dia.

Dijelaskan dia, kekosong kursi Jamwas bisa dijadikan momentum untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja pejabatnya. Sehingga jika diperlukan, posisi Jamwas bisa menjadikan lokomotif untuk melakukan perombakan struktur eselon I.

“Jaksa Agung harus berani mengevaluasi jabatan struktural yang ada dengan mengedepankan kompetensi dan kemampuan. Sebab fakta menunjukkan, tidak sedikit pejabat yang tidak kompeten akibat nepotisme di masa lalu,” ungkap Ketua Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Borobudur itu.

Editor: Edward Panggabean

 

More articles

Latest article