PT KAI kampanyekan taati rambu perlintasan kereta. ist
PT KAI kampanyekan taati rambu perlintasan kereta. ist

Kecelakaan Meningkat, PT KAI Sosialisasi Taati Rambu Perlintasan Kereta

Propublik.id, Jakarta – Jawatan perkeretaapian Indonesia atau PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) khususnya dari DAOP I Jakarta menilai tingkat kedisiplinan masyarakat masih rendah dalam berlalu lintas di perlintasan sebidang yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di tiga titik perlintasan sebidang, diantaranya adalah di JPL 17 Kemayoran, JPL 14 Bukit Duri dan JPL 11 Jalan Industri, Rabu (14/10/2020)

Dikatakan Yuskal Setiawan, Deputi Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop I Jakarta, mencatat jumlah kecelakaan sebanyak 17 kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api, terhitung sejak Januari hingga September 2020.

Oleh karena itu dikatakan Yuskal seperti yang diungkapkan Eko Purwanto, EVP PT KAI Daop I Jakarta dalam keterangan tertulisnya, mengajak masyarakat untuk bersama – sama mentaati rambu – rambu yang ada serta lebih waspada saat akan melintasi perlintasan sebidang kereta api.

“Total perlintasan sebidang di wilayah Daop I Jakarta sebanyak 452, yang terbagi menjadi perlintasan sebidang resmi sebanyak 244 titik dan yang masih dianggap liar sebanyak 208 titik,” terangnya.

Lebih lanjut diungkapkan Yuskal terhadap perlintasan sebidanh  kereta api yang mendapat prioritas berlalu lintas  sebanyak 59 titik. Oleh karena itu dijelaskan Deputi, sebagai bentuk upaya meningkatkan faktor keselamatan PT KAI juga terus melakukan koordinasi bersama DJKA Kemenhub dan Pemda setempat terkait sejumlah penutupan sejumlah perlintasan sebidang.

“Saat ini pemerintah daerah secara bertahap membangun fasilitas fkyover ataupun underpass sejumlah titik untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang,” tandas Yuskal.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa komentarmu?