26.3 C
Jakarta
Sabtu, Maret 6, 2021

Kejari Karo Periksa Rapid Test Kepada Puluhan Tahanan

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

ProPublik.id, Sumatera Utara-Kejaksaan Negeri (Kejari) Karo melakukan Rapid Tes kepada puluhan tahanan yang titipankan di sel tahanan sementara Polres Tanah Karo, guna memastikan kondisi kesehatan tahanan, sebelum dikirim ke Rumah Tahanan Kelas IIB Kabanjahe Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu (24/6/2020) sekira pukul 10.00 WIB.

Kepala Kejari Karo, Denny Achmad mengatakan, dalam pemeriksaan ini ada sebanyak 20 tahanan Tahap II dilakukan Rapid Tes, sebelum dikirim ke Rutan Kelas II B Kabanjahe.

“Kemarin kita lakukan Rapid Tes terhadap para tahanan yang sudah Tahap dua, Rapid Tes ini dilakukan atas perintah pimpinan dari Kemenkumham RI, agar tahanan yang akan dikirim ke Rutan harus terlebih dahulu dicek kondisi kesehatannya,” kata Denny kepada propublik.id via pesan WhatApp, Kamis (25/6/2020).

Denny menambahkan, pemeriksaan ini harus dilakukan dikarenakan sel tahanan sementara di Polres Tanah Karo sudah penuh. Dan hasil pemeriksaan keseluruhan tahanan Non Reaktif.

“Dan hasilnya tadi setelah diperiksa non reaktif, pemeriksaan ini akan dilakukan secara berkelanjutan, dan bertahap,” kata Denny.

Pemeriksaan Rapid Tes ini untuk memastikan kondisi kesehatan tahanan, dikarenakan Rutan merupakan tempat berkumpulnya massa yang memungkinkan tingkat penyebaran Covid 19 yang sangat tinggi, terang Denny.

“Ini langkah kita untuk menghambat bahkan memutus mata rantai penyebaran Covid 19, kita tahu Rutan itu tempat orang banyak. Jadi, jika ada 1 saja tahanan yang terindikasi terkena Covid 19, maka bisa jadi ratusan orang yang berada didalam terjangkit juga. Inilah cara pencegahan kita,” jelas Denny.

Sementara itu, Kepala Rumah Tahanan (Ka-Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Sangapta Surbakti SPd mengatakan, pemeriksaan Rapid Tes ini sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, agar nantinya seluruh tahanan baru yang dikirim akan dimasukkan kedalam ruang isolasi selama 14 hari kedepan, sebelum digabung dengan tahanan lain.

“Yang kita terima pada tahap pertama ini ada sebanyak 20 orang tahanan, yang masih dalam proses persidangan, nantinya setelah di Rutan, kita masukkan ke ruang isolasi lagi selama 14 hari,” kata Sangapta.

Sangapta juga menjelaskan, keterbatasan ruang didalam Rutan, sehingga dilakukan secara bertahap untuk tahanan selanjutnya.

“Dari informasi yang kita dapat ada sekitar 180 tahanan lagi yang akan dikirim, dan itu nantinya bertahap. Dan kita sudah sediakan satu ruangan khusus itu untuk 20 tahanan,” terang Sangapta.

Dalam pemeriksaan tersebut, dilaksanakan dan diawasi oleh Dinas Kesehatan Karo dan Rutan Kelas II B Kabanjahe.

Editor: Edward Panggabean

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Sandyakalaning Trah Cikeas

Bolehlah sementara Rakyat indonesia lanjutkan mimpi Moeldoko jadi orang nomor satu NKRI pasca pecundangi SBY. Diskursus Politik indonesia unpredictable (tak gampang ditebak) siapa tahu nama Moeldoko mecuat setelah Itu?

Jasa Marga Percepat Waktu Penyelesaian Pekarjaan Rekonstruksi Tahap 1 Simpang Susun Cikunir

Propublik.id, Bekasi, Jabar – Untuk memberikan kenyamanan pengguna jalan khususnya di Jalan Tol Ruas Jakarta - Cikampek, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) percepat...