26.2 C
Jakarta
Selasa, Maret 2, 2021

Kejari Tapsel Diminta Usut Dugaan Proyek Fiktif di Desa Sori Manaon

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Propublik.id, Sumatera Utara-Kejaksaan Negeri (Kejari) Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara diminta untuk mengusut tuntas dugaan korupsi pada kegiatan rabat beton pembangunan infrastruktur di kawasan Saba Tonga Tonga, Desa  Sori Manaon, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel, Provinsi Sumatera Utara, Tahun Anggaran (TA) 2018-2019.

Komisioner Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Kerakyatan Indonesia Provinsi Sumatera Utara (DPW Sakti Provsu) Fredrick Mawuntu mengungkapkan, kegiatan rabat beton pembangunan jalan akses menuju ke sawah dan jalan lingkungan di kawasan Saba Songa Tonga, Desa Sori Manaon, Kecamatan  Batang Angkola, Tapsel, Provsu, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Berdasarkan temuan data investigasi, proyek Anggaran Dana Desa (AdDes) pada kegiatan rabat beton pembangunan infrastruktur jalan akses ke lahan sawah sepanjang 423 meter dengan pagu anggaran pekerjaan senilai Rp 179 juta,” ucap Fredrick Mawuntu, Medan, Sumut, Senin (20/07/2020).

Kemudian, disebutkan, kegiatan rabat beton pembangunan infrastruktur jalan lingkungan lahan sepanjang 401 meter dengan pagu anggaran sebesar Rp. 310 juta.

“Kepala Desa Sori Manaon, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel, Provsu, merupakan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), bertanggung jawab atas kegiatan tersebut. Di duga ada penyalahgunaan anggaran keuangan negara untuk kepentingan kelompok atau pribadi,” cetusnya.

Ditegaskan, Kejari Tapsel diharapkan bertindak tegas terhadap oknum aparatur perangkat desa yang bertindak melawan hukum dalam menyelamatkan kerugian keuangan negara pada kegiatan pembangunan infrastruktur Desa Sori Manaon, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel, Provsu.

Kepala Desa Sori Manaon, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel, Provsu, Insan Hasibuan yang dikonfirmasi via telepon selulernya tidak menjawab.

Sementara Camat pada Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel, Provsu, Fadil menjawab singkat via WhatsApp (WA). “Sudah konfirmasi Kepala Desa,” tulisnya singkat di pesan WhatsApp yang diterima propublik.id.

Editor: Edward Panggabean

Berita Terkait

Berita Terkini

Diciduk Polisi Lagi, Tes Urine Millen Cyrus Positif Benzo

Propublik.id, Jakarta -- Selebgram Millen Cyrus kembali harus berurusan dengan aparat Polda Metro Jaya setelah terciduk saat berada di Kafe Brotherhood, Jakarta Selatan, pada...

650 Pendidik dan Tenaga Pendidik Disuntik Vaksin COVID-19

Propublik.id, Jakarta -- Pemerintah memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pendidik dan tenaga pendidik (PTK), yang ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi massal bagi 650 orang PTK...