26.3 C
Jakarta
Sabtu, Maret 6, 2021

Ketahanan Usaha Kecil di Era Pandemi Covid-19, Dikawal BUMN PT. Jasa Marga

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

ProPublik.id | Jakarta — Sedikitnya 24 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta empat mitra binaan Jasa Marga, telah mendapat penyaluran dana Rp1,4 miliar, selama masa pandemi Covid-19. Tindakan ini dilakukan untuk mendorong para pelaku UMKM agar semangat dan terus bertahan dalam situasi darurat seperti ini.

“Kondisi daya jual para pelaku UMKM dan Mitra Binaan yang semakin menurun, sehingga terhambat dalam menjalankan usahanya,” ungkap Corporate Communication & Community Development Group Head PT. Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan persnya, Rabu (08/07/2020), di Jakarta.

Manajemen PT. Jasa Marga membantu para pelaku usaha yang tersebar di provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Bali dan Kalimantan Timur. Bantuan diberikan dalam bentuk penggunaan jasa produksi UMKM dan Mitra Binaan untuk berbagai kebutuhan sesuai bidang usahanya.

Jasa Marga menyalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19, dalam memenuhi perlengkapan penanggulangan Covid-19 seperti masker, hand sanitizer, Alat Pelindung Diri (APD) dan lainnya. “Dana ini berasal sebagian dari dana Bina Lingkungan yang dikhususkan untuk para pelaku UMKM, dan sebagian berasal dari realokasi Tunjangan Hari Raya (THR) Komisaris Direksi Jasa Marga Group.” tambahnya Heru.

Jasa Marga bantu pelaku UMKM pembuat masker. (ist: Jasa Marga)

Contoh bentuk bantuan lainya, selama pandemi Covid-19, Jasa Marga telah menggunakan jasa produksi dari Ardina Sport yang merupakan salah satu binaan Jasa Marga. Sebanyak 17.000 buah masker kain telah diproduksi Ardina Sport, yang berlokasi di Rawa Lumbu, Bekasi, Jawa Barat.

Tak hanya itu, perusahaan Esa Bumindo selaku UMKM binaan Jasa Marga juga memiliki kontribusi dalam pencegahan pandemi Covid-19. Produsen cairan disinfektan yang berlokasi di Tangerang, Banten ini telah memproduksi hand sanitizer dan berbagai produk sabun cair. Esa Bumindo berhasil membantu Jasa Marga dalam memproduksi 3.750 liter keperluan hand sanitizer.

Pemilik Esa Bumindo Eman Suratman menjelaskan, UMKM-nya telah menjadi Mitra Binaan Jasa Marga sejak 2011 sampai saat ini. Selain mendapatkan modal usaha,  Esa Bumindo juga mendapatkan pesanan produk dari Jasa Marga guna mencegahan penyebaran Covid-19. “Alhamdulillah usaha kami ini terus berinovasi dan terus berkembang, terlebih kami juga dapat memberdayakan warga sekitar untuk bekerja di tempat kami ini”, papar Eman.

Selama pandemi, Jasa Marga telah menggunakan jasa produksi UMKM Binaan untuk memproduksi 17.000 buah masker kain, 3.750 liter hand sanitizer hingga 1.700 paket sembako. Produk ini  telah disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah operasional Jasa Marga Group, serta di wilayah Jawa Barat dimana Jasa Marga merupakan koordinator Satgas Covid-19 BUMN wilayah Jawa Barat.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sandyakalaning Trah Cikeas

Bolehlah sementara Rakyat indonesia lanjutkan mimpi Moeldoko jadi orang nomor satu NKRI pasca pecundangi SBY. Diskursus Politik indonesia unpredictable (tak gampang ditebak) siapa tahu nama Moeldoko mecuat setelah Itu?

Jasa Marga Percepat Waktu Penyelesaian Pekarjaan Rekonstruksi Tahap 1 Simpang Susun Cikunir

Propublik.id, Bekasi, Jabar – Untuk memberikan kenyamanan pengguna jalan khususnya di Jalan Tol Ruas Jakarta - Cikampek, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) percepat...