31.7 C
Jakarta
Senin, Maret 1, 2021

Lebih Mahal dari Bitcoin, Aset Kripto YFI Melambung 330% dalam Beberapa Hari

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Propublik.id, Jakarta – Harga aset kripto yEarn Finance (YFI) melambung 330% menjadi Rp 210 juta, dalam hitungan hari. Kini YFI lebih mahal dari cryptocurrency terpopuler bitcoin yang sudah mencapai Rp180 jutaan per 1 bitcoin

Di market INDODAX, platform bitcoin dan crypto exchange terbesar di Indonesia, YFI awalnya dijual Rp51 jutaan pada minggu 6 Agustus 2020, atau hari pertama dia melantai di bursa INDODAX Pada Jumat 21 Agustus 2020 pagi, YFI berada pada level Rp210 juta.

CEO INDODAX Oscar Darmawan menjelaskan YFI mencatatkan relly secara terus menerus selama beberapa hari semenjak dia pertama kali listing di INDODAX. YFI menambah daftar cryptocurrency yang mencatatkan performa yang fantastis dalam beberapa hari. Sebelumnya, ada banyak cryptocurrency yang mencatatkan kenaikan yang hampir sama dalam periode yang singkat.

“YFI mencatatkan kinerja yang fantastis semenjak pertama kali listing di INDODAX. Bahkan, karena kenaikan yang fantastis itu membuat YFI lebih mahal dari bitcoin,” kata Oscar Darmawan, Jumat (21 Agustus 2020).

Oscar Darmawan mengungkapkan, kenaikan harga YFI dikarenakan sistem DeFi yang saat ini sedang ramai digunakan. YFI merupakan salah satu cryptocurrency yang bisa masuk di sistem DeFi.

Menurut perhitungan terakhir pada 17 Agustus 2020, nilai total yang tersimpan di seluruh ekosistem DeFi melampaui USD6,4 miliar. Perluasan keseluruhan pasar DeFi telah menyebabkan nilai total yang tersimpan di YFI mencapai USD600 juta.

“DeFi mendorong permintaan YFI hingga akhirnya meningkatkan harga YFI secara drastis dalam hitungan beberapa hari saja,” – Oscar Darmawan.

DeFi Ekosistem yang Sedang Digandrungi

DeFi atau decentralized finance adalah sistem moneter yang terbuka atau open finance yang dibangun di atas teknologi blockchain. DeFi memiliki sifat desentralisasi atau tidak terpusat. DeFi sedang digandrungi karena orang-orang meyakini bahwa DeFi merupakan bentuk sistem moneter masa depan.

Salah satu yang bisa dilakukan dengan sistem DeFi adalah peminjaman atau pendanaan dengan menjadikan cryptocurrency sebagai jaminan atau agunan. Ini tentunya banyak dimanfaatkan oleh crypto holder seperti penambang crypto dan pegiat kripto lainnya. Bahkan, juga banyak dimanfaatkan oleh investor dan industri keuangan.

“Ini membuat permintaan aset kripto terus stabil karena orang-orang tidak menjual aset kriptonya. DeFi mencegah pengurangan permintaan terhadap cryptocurrency. Sehingga, permintaannya terjaga dan membuat harga tetap melanjutkan kenaikan,” kata Oscar Darmawan.

DeFi menciptakan ekosistem baru di dunia blockchain dan cryptocurrency dan membuatnya semakin populer. DeFi membuktikan meingkatkan harga cryptocurrency secara fantastis. Tidak hanya YFI, bitcoin dan ethereum juga meningkat dan mencatatkan rekor tertinggi semenjak tahun 2018.

“Bitcoin kembali melambung mencapai Rp185 juta pada beberapa wakru lalu. Saat ini masih berada di level tertingginya di sekitar Rp180 juta. Salah satu faktornya juga karena DeFi. Selain itu, juga ada Ethereum dan lain-lain yang meningkat karena DeFi,” katanya.

Oscar Darmawan meyakini, di masa depan, DeFi semakin banyak lagi digandrungi oleh orang-orang atau bahkan diterapkan dalam sistem keuangan industri atau kebijakan financial suatu negara. Ini seiring meningkatnya pemahaman orang-orang terhadap dunia blockchain dan cryptocurrency.

“Dengan semakin jelasnya kegunaan dari bitcoin ini melalui defi ikut meningkatkan permintaan bitcoin dan kripto lainnya, Crypto sekarang bisa jaminan aset juga selain sebagai meda investasi dan bagian dari infrastruktur blockchain” katanya.

Oscar Darmawan, Ketua Umum Asosiasi Blockchain. (Foto: INDODAX)

Hal tersebut juga membuat Oscar Darmawan meyakini harga bitcoin dan aset kripto lainnya akan terdorong di masa mendatang. Dia juga berharap agar masyarakat Indonesia juga memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan keuntungan besar dari trading kripto seperti bitcoin dan lainnya.

“Jadi, DeFi adalah salah satu contoh nyata yang dapat dimanfaatkan orang awam sebagai pelengkap dari infrastruktur blockchain. Ini yang mendorong penggunaan crypto di dunia. Penggunaan Crypto secara masal ini terus mendorong pergerakan harga crypto belakangan ini” jelasnya.

INDODAX adalah startup teknologi finansial di dalam bidang aset kripto dan blockchain seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple atau lebih dari 70 aset kripto. Indodax berdiri sejak tahun 2014 dan melayani lebih dari 2,1 juta member di Indonesia.

INDODAX juga telah mendapatkan perizinan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). INDODAX menjadi perusahaan marketplace aset kripto pertama di Indonesia yang mendapatkan dua sertifikasi internasional. Dua ISO yang diterima INDODAX secara sekaligus yaitu 9001: 2015 dan 27001: 2013.

Berita Terkait

Tinggalkan pesan anda

Ketik komentar anda
Masukan nama anda

Berita Terkini

Diciduk Polisi Lagi, Tes Urine Millen Cyrus Positif Benzo

Propublik.id, Jakarta -- Selebgram Millen Cyrus kembali harus berurusan dengan aparat Polda Metro Jaya setelah terciduk saat berada di Kafe Brotherhood, Jakarta Selatan, pada...

650 Pendidik dan Tenaga Pendidik Disuntik Vaksin COVID-19

Propublik.id, Jakarta -- Pemerintah memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pendidik dan tenaga pendidik (PTK), yang ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi massal bagi 650 orang PTK...