25.3 C
Jakarta
Kamis, Februari 25, 2021

Mahasiswa Desak Kejatisu Usut Dugaan Korupsi DPRD Pakpak Bharat

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

ProPublik.id, Sumatera Utara-Sejumlah masa yang menamakan dirinya dari Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Mahasiswa Pakpak Bharat (DPP PMPB) mengelar aksi mendesak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) mengusut dugaan Korupsi di lingkungan DPRD Kabupaten Pakpak Bharat dari anggaran tahun 2018 yang mencapai miliaran Rupiah.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan di depan Gedung Kejatisu, Kamis (27/8/2020) itu Koordinator Aksi Jibril membeberkan sejumlah dugaan korupsi lewat praktik mark up dan indikasi fiktif yang terjadi di tubuh dewan perwakilan rakyat di daerah tersebut.

Diantaranya kata Jibril dalam orasinya pada tahun 2018 Sekretariat DPRD Kabupaten Pakpak Bharat diduga menganggarkan kegiatan Program Peningkatan Kapasitas DPRD dengan pagu anggaran Rp5.246.760.900.

Ditahun yang sama Sekretariat DPRD itu diduga menganggarkan kegiatan Kunjungan Kerja Pimpinan dan Anggota DPRD keluar daerah dengan pagu
anggaran Rp1.968.040.000. Lalu, kegiatan rapat koordinasi dan konsultasi dalam dan luar daerah senilai Rp1.408.740.000.

Mereka menduga dana itu terkait Anggaran Belanja dan penyediaan jasa di Sekretariat yang diduga turut melibatkan oknum Ketua DPRD setempat.

“Atas apa yang telah kami beberkan, jelas oknum Ketua DPRD serta pihak lainya sebagai pengguna anggaran dalam hal ini termasuk Sekretaris DPRD Pakpak Bharat diduga terlibat dan turut serta dalam dugaan korupsi anggaran Sekretariat DPRD tahun anggaran 2018 dalam beberapa program kegiatan seperti yang kami rangkumkan tadi,” ucap Koordinator Aksi.

Karena itu, sambung Jibril, tidak ada alasan jaksa untuk tidak memproses kasus yang kembali mencoreng wajah Pakpak Bharat. Sembari masa aksi berteriak. “tangkap…tangkap.”

Sempat masa aksi yang dikawal aparat kepolisian memanas, pasalnya tak satupun perwakilan pihak kejaksaan yang menerima kehadiran demonstran, meski mereka sudah menggelar aksi sekitar satu jam. Tak pelak, pagar gedung Kejatisu pun menjadi sasaran.

“Ingat, jika tidak ada yang menampung aspirasi kami, PMPB akan kembali datang dengan jumlah massa lebih besar,” ancam mereka.

Meski akhirnya, 3 orang delegasi PMPB diperkenankan masuk ke dalam gedung Kejatisu. Usai menyerahkan aspirasi, massa pun membubarkan diri.

Sebelumnya aksi serupa juga didengungkan Dewan Pimpinan Nasional Forum Masyarakat Pemantau Negara (DPN Formapera). Mereka mengadukan kasus yang terindikasi merugikan negara miliaran rupiah ke Ditreskrimsus Poldasu.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan sekaligus protes mereka terhadap dugaan pencurian uang negara dilingkungan kantor wakil rakyat tersebut.

Editor: Iman More

Berita Terkait

Tinggalkan pesan anda

Ketik komentar anda
Masukan nama anda

Berita Terkini

Presiden Jokowi: Lumbung Pangan di Sumba Tengah, NTT Akan Diperluas Hingga 10.000 Hektare

Propublik.id, Sumba Tengah, NTT -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan luas lumbung pangan atau food estate di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan...

Jasa Marga Percepat Waktu Penyelesaian Pekarjaan Rekonstruksi Tahap 1 Simpang Susun Cikunir

Propublik.id, Bekasi, Jabar – Untuk memberikan kenyamanan pengguna jalan khususnya di Jalan Tol Ruas Jakarta - Cikampek, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) percepat...