5.7 C
Munich
Selasa, Maret 9, 2021

MAKI Minta Komjak Telusuri Foto Pertemuan Oknum Jaksa Dengan Joko Tjandra

Must read

ProPublik.id, Jakarta-Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) terus mengendus keterlibatan oknum pejabat yang diduga dalam sengkarut buronan Joko S Tjandra, kali MAKI melaporkan oknum pejabat berinisial P ke Komisi Kejaksaan RI, setelah pihaknya menemukan foto diduga pertemuan pejabat perempuan yang bertugas di Kejaksaan Agung itu dengan buronan kasus cassie Bank Bali tersebut.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengatakan pihaknya sudah melaporkan ke Komjak melalui surat pada Jumat, 24 Juli 2020, perihal Laporan dugaan keterlibatan oknum Jaksa dalam sengkarut buronan Joko Soegiarto Tjandra.

“Kami sudah laporkan, Sabar menunggu hasil dari Komjak,” ujar Boyamin kepada ProPublik.id, Jakarta, Minggu (26/7/2020).

Dalam isi surat itu kata Boyamin, pihaknya menemukan adanya foto oknum Jaksa yang diduga berinisial P, dengan Jabatan Kasubag pemantauan dan evaluasi pada Biro perencanaan Kejaksaan Agung.

“Terhadap hal ini Kami menemukan adanya foto oknum Jaksa berinisal P diduga bertemu dan atau bersama buron perkara Korupsi Cessie Bank Bali Joko S. Tjandra dan Pengacaranya Anita Kolopaking. Foto tersebut diduga dilakukan di luar negeri dan atau dalam negeri,” ujar Boyamin.

Boyamin menilai, laporan dilayangkan ke Komjak diduga oknum jaksa tersebut melakukan dugaan pelanggaran kode etik dengan melakukan pertemuan dengan buron Joko S Tjandra dan tidak melapor kepada atasan atas pertemuan tersebut.

“maka dengan ini Kami melaporkan dugaan pelanggaran tersebut. Bahwa bukti foto yang Kami sampaikan baru bersifat temuan awal karena bisa saja asli atau hasil editan, untuk itu Kami meminta kepada pihak Komisi Kejaksaan untuk menelusuri dan menyelidikinya,” tungkasnya.

Buronan Joko Tjandra pakai jas hitam berdiri, bersama pengacara Anita Kolopaking dengan oknum Jaksa berinisial P. (foto/sumber)

Sebelumnya Pusat Penerangan hukum Kejagung dalam rilisnya Tim Pengawasan Kejagung mengambil alih pemeriksaan terhadap Kepala Kejari Jakarta Selatan Nanang Supriatna yang sebelumnya di periksa oleh Tim pengawas Kejati DKI Jakarta.

Alasan diambil alihnya pemeriksaan itu menyusul munculnya pemberitaan di media sosial dengan memuat foto yang diduga Pengacara Anita Kolopaking dengan seorang Jaksa perempuan yang bernama Pinangki yang bertugas di Kejaksaan Agung.

“Sehingga oleh karena berita tersebut terkait dengan pemeriksaan yang sedang dilakukan oleh Bidang Pengawasan Kejaksaaan Tinggi DKI Jakarta dan melibatkan Jaksa di Kejagung maka pemeriksaannya diambil alih oleh Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung pada tanggal 17 Juli 2020,” ujar Hari dalam keterangannya.

Hari, menekankan Jaksa Agung Burhannudin, telah menyampaikan bahwa Kejaksaan akan transparan memberikan informasi kepada masyarakat terhadap permasalahan ini.

“Jika terbukti para Jaksa tersebut melakukan pelanggaran disiplin atau pidana maka tidak pandang bulu kepada siapapun Jaksa itu akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Hari mengutip pernyataan Jaksa Agung.

Editor: Edward Panggabean

More articles

Latest article