25 C
Jakarta
Sabtu, Januari 23, 2021

Menhub: Proyek Bandara Komodo dan Pelabuhan Multipurpose Tetap Lanjut

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Propublik.id, Labuan Bajo-Pemerintah berikhtiar melanjutkan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur prioritas meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung dan adanya masalah kesepakatan investasi. Dua di antaranya adalah proyek infrastruktur perhubungan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, yaitu Bandara Komodo dan pelabuhan multipurpose Wae Kelambu.

“Pembangunan beberapa proyek dan pengembangan Bandara Komodo, Pelabuhan Multipurpose dan Pelabuhan Labuan Bajo perlu dilanjutkan meski di tengah pandemi agar dapat membantu membangkitkan perekonomian nasional dengan konektivitas yang semakin terbuka. Sehingga kawasan wisata super priortas seperti Labuan Bajo, Mandalika dan lainnya bisa semakin menarik wisatawan lokal hingga mancanegara,” jelas Menhub Budi, Minggu (20/9/2020).

Budi Karya menjelaskan, dari sisi perhubungan proyek ini akan memperkuat simpul konektivitas antarwilayah. Dengan demikian, mobilitas manusia serta aktivitas perniagaan dan pergerakan barang dan jasa dipermudah.

Sedangkan dari sisi pariwisata, bandara Komodo dan pelabuhan Labuan Bajo akan mendukung pengembangan program destinasi wisata super prioritas kawasan Komodo. Dengan demikian, terjadi konektivitas dengan dua kawasan wisata favorit yang berdekatan, yakni Bali dan Mandalika.

“Meski di tengah pandemi saya harap pembangunan pelabuhan multipurpose di Wae Kelambu dapat tetap berjalan agar pendistribusian logistik segara berjalan lebih cepat dan lancar. Namun tidak henti-hentinya saya meminta agar mengutamakan protokol kesehatan dalam proses pembangunan di masa pandemi ini,” kata Budi Karya.

Kelanjutan proyek ini tidak hanya berkaitan dengan target pembangunan sektor pariwisata dan perhubungan. Menurut Menteri Perhubungan, proyek infrastruktur ini merupakan proyek padat karya yang diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Pengembangan Bandaro Komodo bertujuan untuk memperluas wilayah dan memperbesar kapasitas bandara. Salah satunya melalui perpanjangan runway dari panjang saat ini 2.250 meter menjadi 2.750 meter. Tahapan pengerjaan yang dilakukan meliputi pembebasan lahan dan pemotongan bukit yang telah mencapai tahap akhir.

Sementara itu, Pelabuhan Multipurpose Wae Kelambu dibangun untuk melayani kapal curah air dan petikemas dengan bobot 5.000-10.000 DWT. Pelabuhan ini direncanakan akan meliputi kawasan seluas lebih dari 6 hektare. Pelabuhan ini akan lebih difokuskan untuk akses logistik (bongkar muat barang).

Keberadaan Pelabuhan Wae Kelambu juga bertujuan untuk mengalihkan beban Pelabuhan Labuan Bajo yang kini tengah direvitalisasi. Pelabuah Labuan bajo nantinya akan dikhususkan untuk kapal-kapal wisata dan kapal penumpang.

Editor: Dwi Christianto

Berita Terkait

Tinggalkan pesan anda

Ketik komentar anda
Masukan nama anda

Berita Terkini

Mengharukan…Wakapolres Subang Bangun Rumah Tidak Layak Huni Milik Kopka Hamim

Subang – Kopka Hamim Mulyono salah satu Anggota Koramil Purwadadi yang baik dalam penugasan, namun disatu sisi kehidupan pribadinya cukup memprihatinkan, dimana yang bersangkutan...

Kades Tanjung Siang Subang Dukung Komjen Listyo Jadi Kapolri

SUBANG //- Pencalonan Kepala Bareskrim (Kabareskrim Polri) Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat Kabupaten Subang. Masyarakat Kabupaten Subang...