5.7 C
Munich
Senin, Maret 8, 2021

Perkuat Kelembagaan, Jaksa Agung Rotasi 3 JAM, Amir Yanto Jadi Jamwas

Must read

ProPublik.id, Jakarta-Upaya memperkuat jajaran pimpinan di lingkungan Kejaksaan Agung, Jaksa Agung Burhanuddin merotasi jabatan eselon I diantaranya Jaksa Agung Muda (JAM) Pengawasan, JAM Intelijen dan JAM Pidum.

Amir Yanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kejati Sumatera Utara didapuk menjadi Jamwas, mengantikan M Yusni yang telah masuk masa pensiun.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Hari Setiyono mengatakan adanya mutasi atau rotasi jabatan beberapa pejabat eselon 1 di Kejaksaan Agung RI berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 134/TPA Tahun 2020 tanggal 30 Juli 2020 tentang Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kejaksaan Agung RI.

“Dalam Kepres itu telah terjadi mutasi atau rotasi jabatan 3 Jaksa Agung Muda (JAM) dan 1 Staf Ahli Jaksa Agung,” ungkap Hari Setiyono dalam keterangan persnya yag diterima ProPublik.id, Jakarta, Rabu (5/8/2020).

Kajati Sumatera Utara Amir Yanto diangkat sebagai JAM Pengawasan Kejagung. Foto: Edo

Mereka yang ditunjuk menjabat sebagai JAM selain Amir Yanto, yakni Sunarta, diangkat sebagai JAM Intelijen sebelumnya JamPidum, kini ditunjuk Fadil Zumhana, yang sebelumnya Staf Ahli Jaksa Agung RI Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara. Kini posisi Staf Ahli ditunjuk Jan Samuel Maringka, yang sebelumnya sebagai Jamintel.

“Mutasi atau rotasi jabatan tersebut melalui proses mekanisme yang cukup lama dan baru pada akhir bulan Juli 2020 diputuskan oleh Tim Penilai Akhir (TPA) Eselon I, sehingga kemudian diterbitkan Keppres tersebut,” ungkapnya.

Hari menjelaskan mutasi atau rotasi jabatan di lingkungan Kejaksaan RI adalah hal yang biasa sesuai dengan kebutuhan organisasi. Oleh karena itu mutasi atau rotasi pejabat eselon 1 tersebut dalam rangka kepentingan organisasi dan penyegaran personil.

“Sehingga tidak ada kaitannya dengan penanganan kasus, perkara atau hal lainnya, adapun waktu pelantikan akan ditentukan lebih lanjut,” tandas dia.

Editor: Iman More

More articles

Latest article