26.2 C
Jakarta
Sabtu, Februari 27, 2021

Puji Pekerjaan PT PP, Menteri PUPR Ingatkan Kontraktor Jaga Kualitas

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

ProPublik.id, Jakarta-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong kontraktor nasional baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta untuk menjaga kualitas pembangun infrastruktur.

“Kemampuan memenuhi standar mutu diperlukan agar kontraktor dalam negeri dapat terus berdaya saing, khususnya di tengah ketidakpastian ekonomi pasca Pandemi COVID-19,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, keteranganya, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Basuki pun saat menghadiri acara HUT PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk Ke-67 menyampaikan hal yang sama, bahwa kualitas merupakan tuntutan utama yang harus diperhatikan dalam menjaga kepercayaan masyarakat, sebab, pembangunan infrastruktur menggunakan uang negara.

Selain itu, kontraktor atau penyedia jasa konstruksi yang berkualitas juga dengan sendirinya akan banyak dicari oleh pengguna jasa.

“Saya berpesan yang utama adalah selalu menjaga kualitas karena hanya itu yang dapat menjadikan kita mampu bersaing dengan penyedia jasa lain,” ungkap Basuki.

Basuki mengapresiasi kepada BUMN Karya PT PP dalam menghasilkan sejumlah infrastruktur di Indonesia yang berkualitas, seperti pembangunan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulonprogo, Jembatan Youtefa di Papua, dan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Ciamis.

“PT PP merupakan salah satu BUMN Karya yang memperhatikan keselamatan dan kerapian dalam pekerjaan-pekerjaan infrastruktur, utamanya yang di bawah Kementerian PUPR. Sekali lagi pesan saya, tetap jaga kualitas. Ini saya sampaikan tidak hanya di sini, Bapak Presiden saat melihat Bandara Yogyakarta (YIA) juga memperhatikan, beliau langsung tahu karena kualitasnya,” tutur Basuki.

Menteri Basuki juga berpesan kepada BUMN Karya untuk dapat bekerja sama dengan baik sebagai satu tim dengan Kementerian PUPR dengan menjalankan peran masing-masing. Kontraktor bertugas menjamin kualitas sesuai dengan spesifikasi teknis. Sedangkan Kementerian PUPR bertugas mempertanggungjawabkan belanja uang negara dengan transparan dan tepat sasaran.

Pada kesempatan itu PT PP mendapat 6 sertifikat rekor MURI untuk dua proyek infrastruktur yang dibangun oleh PT PP, yakni pembangunan Bandara Yogyakarta Internasional Airport dengan tiga kategori yakni bandara dengan penyelesaian tercepat zona estate, bandara dengan pemakaian semen terbanyak, dan bandara dengan pembangunan konstruksi tercepat.

Rekor MURI juga dicatat pada pembangunan venue Istana Olahraga (Istora) Papua Bangkit dalam mendukung perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua yang akan berlangsung pada tahun 2021 mendatang yakni kategori pertama, untuk struktur atap baja lengkung bentang terpanjang dengan dimensi 90 meter.

Kategori kedua, atap tanpa sambungan dan baut mengerucut terluas berbentuk dome seluas 7300 meter persegi. Serta kategori ketiga, instalasi terpanjang dan diameter terbesar textile duct dengan dimensi ring internal 477 meter, diameter cincin luar sepanjang 70 meter dan diameter cincin dalam sepanjang 56 meter.

Editor: Tomy Margonda

Berita Terkait

Tinggalkan pesan anda

Ketik komentar anda
Masukan nama anda

Berita Terkini

650 Pendidik dan Tenaga Pendidik Disuntik Vaksin COVID-19

Propublik.id, Jakarta -- Pemerintah memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pendidik dan tenaga pendidik (PTK), yang ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi massal bagi 650 orang PTK...

Presiden Jokowi: Lumbung Pangan di Sumba Tengah, NTT Akan Diperluas Hingga 10.000 Hektare

Propublik.id, Sumba Tengah, NTT -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan luas lumbung pangan atau food estate di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan...