26.3 C
Jakarta
Sabtu, Maret 6, 2021

RI Alami Kontraksi, Bagaimana dengan Mitra Dagang Utama?

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Propublik.id, Jakarta-Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengungkapkan bahwa ekonomi nasional mengalami kontraksi sebesar 5,32 persen (Y-on-Y) sebagai dampak pandemi global Covid-19. Lantas, bagaimana kondisi ekonomi negara-negara yang menjadi mitra dagang utama RI?

“Ekonomi mitra dagang utama umumnya mengalami kontraksi, kecuali Tiongkok,” kata Kepala BPS K Suhariyanto saat merilis Data BPS di Jakarta, Rabu (5/8/2020).

Tiongkok merupakan mitra dagang nomor satu. Pangsa ekspor Indonesia ke Tiongkok 20,82 persen dari total ekspor RI. Jika pada Kuartal I/2020 Tiongkok mencatat pertumbuhan minus 6,8%, namun pada Kuartal II, negara manufaktur terbesar ini telah mencatat pertumbuhan positif 3,2%.

Amerika Serikat menjadi mitra dagang nomor dua. Pangsa ekspor RI ke AS sebesar 11,42%. Ekonomi AS mengalami kontraksi yang lebih dalam pada Kuartal II/2020. Jika pada Kuartal I, AS masih mencatat pertumbuhan tipis di angka 0,3%, maka pada Kuartal II, pertumbuhan AS sudah -9,5%. Kontraksi yang sama dialami oleh Singapura yang menjadi tujuan ekspor RI nomor 3. Pangsa pasar ekspor ke Singapura mencapai 5,70%. Negara yang telah mengumumkan terjadinya resesi ini mengalami kontraksi yang semakin dalam. Pertumbuhan negatif yang dialami Singapura mencapai -12,6%.

Pertumbuhan negatif tertinggi terjadi di Uni Eropa. Mitra dagang RI nomor tujuh ini mencatat pertumbuhan -14,4%, semakin dalam dibandingkan Kuartal I/2020 yang berada di level -2,5%. Kontraksi juga dialami oleh Vietnam sebagai mitra dagang nomor lima. Meskipun masih tumbuh tipis (0,4%), namun angka tersebut turun dibandingkan Kuartal I/2020 yang mencatat pertumbuhan 3,8%.

Dua mitra dagang lainnya juga sudah menyentuh angka minus, yakni Korea Selatan dan Hong Kong. Korsel yang masih bertumbuh positif di Kuartal I/2020, sekarang telah berada di level -2,9%. Sementara itu, Hong Kong mencatat angka -9,0% pada Kuartal II/2020.

Dari data pertumbuhan negara-negara yang menjadi mitra dagang utama terlihat bahwa kontraksi yang dialami ekonomi RI belum sedalam yang terjadi pada sejumlah mitra dagang utama, seperti AS, Singapura, Hong Kong, dan Uni Eropa. Namun, penurunan yang terjadi terhitung cukup jauh, yakni dari 2,97% pada Kuartal I/2020 menjadi 5,32% pada Kuartal II. Ini berbeda dengan yang terjadi pada Vietnam dan Korsel yang mengalami kontraksi tipis.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, data BPS menunjukkan bahwa kontraksi yang dialami ekonomi RI adalah yang terendah sejak Kuartal I/1999, yaitu pada periode krisis finansial global. Saat itu pertumbuhan negatif yang dialami RI mencapai -6,13%.

 

Editor: Edward Panggabean

Berita Terkait

Berita Terkini

Sandyakalaning Trah Cikeas

Bolehlah sementara Rakyat indonesia lanjutkan mimpi Moeldoko jadi orang nomor satu NKRI pasca pecundangi SBY. Diskursus Politik indonesia unpredictable (tak gampang ditebak) siapa tahu nama Moeldoko mecuat setelah Itu?

Jasa Marga Percepat Waktu Penyelesaian Pekarjaan Rekonstruksi Tahap 1 Simpang Susun Cikunir

Propublik.id, Bekasi, Jabar – Untuk memberikan kenyamanan pengguna jalan khususnya di Jalan Tol Ruas Jakarta - Cikampek, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) percepat...