26.3 C
Jakarta
Sabtu, Maret 6, 2021

RS Bethesda Tolak Permintaan Penyidik Soal Rekam Medis Ibu dan Bayi Meninggal Di Tomohon

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Propublik.id, Sulawesi Utara-Kendati ditengah Covid-19, namun Proses hukum terhadap kasus kematian Melvin Amelia Suak bersama bayinya saat bersalin di Rumah Sakit Umum GMIM Bethesda Tomohon, pada awal Bulan April 2020 lalu, terus berlanjut. Tim penyidik yang ditunjuk untuk menangani kasus yang sempat viral di media social di Sulawesi Utara itu, terus berupaya menuntaskan kasus tersebut.

Pihak Penyidik Polres Kota Tomohon, bahkan sudah meminta rekam jejak meids Korban, namun pihak RSU Bethesda tidak dapat memenuhi permintaan tersebut dengan alasan mejaga kerahasiaan pasien, atau sesuai dengan PERMENKS Nomor:269/ MENKES/PER/III/2008 tentang rekam medis.

“Penyelidikan kasus tersebut terus dilakukan. Kami sudah memeriksan beberapa saksi, termasuk keluarga korban. Bahkan sudah berkoordinasi dengan RS tersebut dan meminta rekam medis korban. Namun pihak RS mengatakan  sesuai aturan kesehatan atau, pihak RS tidak dapat memberikannya,” kata Kapoolres Kota Tomohon, Ajudan Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bambang Ashari Gatot, melalui pesan Whatsapp, kepada media, Selasa (2/6/2020).

Alasan pihak penyidik meminta rekam medis korban, selain untuk menentukan penyebab kematian serta memastikan apakah korban ada gejala/penyakit COVID19. dan untuk memastikan hal tersebut pihak rumah sakit meminta Rekam medis. Namun ditolak.

“Terkait kasus ini, kami juga sudah memeriksa beberapa saksi termasuk keluarga korban. Dan juga kami akan berkoordinasi dengan pihak RSUD Prof. Kandou Manado untuk melakukan tindakan Eksumasi Forensik terhadap jenasah korban dan  pemeriksaan terhadap ahli Forensik dan ahli Obstetri & Ginekologi dalam waktu dekat,” ujar Bambang.

Sementara itu, Kuasa Hukum keluarga korban, Youdy Ingkiriwang SH, mengatakan, pihaknya meminta agar pihak Polres Tomohon untuk mempercepat proses penyelidikan kematian istri dari Windo Mailangkay ini. Dimana sudah hampir 2 bulan penanganannya terkesan lambat.

“Kami terus memantau setiap perkembangan  proses penyelidikan kasus ini. Bahkan kami sudah mengajukan beberapa saksi termasuk saksi sekamar dengan korban saat dirawat di RSU Bethesda. Untuk itu, permintaan klien saya agar permasalahan hukum ini bisa dilakukan dengan cepat,” kata Youdy.

“Sebelumnya kami sudah beberapakali melakukan pertemuan dengan pihak RSU Bethesda. Namun tak mendapat keinginan dari pihak korban. Bahkan dalam pertemuan terakhir dengan pihak RS Bethesda, mereka akan menyerahkan rekam medis Melvin Amelia Suak. Namun janji tersebut hingga saat ini tak kunjung tepati,” lanjut Youdy.

Seperti diketahui Melvin Amelia Suak (33), Warga Desa Wolaang, Kecamatan, Langowan Timur, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan di Rumah Sakit GMIM Bethesda Tomohon, Sulawesi Utara pada Jumat 10 April 2020.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sandyakalaning Trah Cikeas

Bolehlah sementara Rakyat indonesia lanjutkan mimpi Moeldoko jadi orang nomor satu NKRI pasca pecundangi SBY. Diskursus Politik indonesia unpredictable (tak gampang ditebak) siapa tahu nama Moeldoko mecuat setelah Itu?

Jasa Marga Percepat Waktu Penyelesaian Pekarjaan Rekonstruksi Tahap 1 Simpang Susun Cikunir

Propublik.id, Bekasi, Jabar – Untuk memberikan kenyamanan pengguna jalan khususnya di Jalan Tol Ruas Jakarta - Cikampek, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) percepat...