26.2 C
Jakarta
Selasa, Maret 2, 2021

Sandiaga Uno: Kekuatan Digital Hadirkan Solusi yang Inovatif dan Aplikatif di Masa Pandemi Covid 19

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

 

Propublik.id, Jakarta– Pengusaha nasional Sandiaga Uno menilai transformasi ke teknologi digital telah mendukung ketahanan perusahaan-perusahaan di sektor keuangan selama masa pandemi. Berbagai terobosan yang dilakukan memampukan layanan transaksi keuangan dan perbankan dapat tetap terlaksana meskipun ada pembatasan aktivitas melalui kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) physical distancing.

“Saya ucapkan juga penghargaan tertinggi kepada teman-teman yang mendorong percepatan dari transformasi ini dan transformasi teknologi digital akan menjadikan perusahaan lebih tangguh dan lebih mampu untuk menghadapi pandemi Covid-19 ini, karena dibangun dengan kekuatan digital akan mampu untuk menjangkau solusi-solusi yang inovatif dan aplikatif di tengah pandemi Covid 19 ini, kata Sandiaga dalam sambutannnya sebagai keynote spreaker, dalam acara virtual penganugerahaan penghargaan Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands yang digelar Iconomics, di Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Agenda virtual award kali ini memberikan penghargaan kepada 79 perusahaan keuangan terbaik di Indonesia yang tangguh menghadapi peluang, tantangan, dan kompetisi di era disrupsi digital. Perusahaan yang mendapatkan apresiasi adalah perusahaan yang bergerak di industri keuangan yakni perbankan, pembiayaan, asuransi, pembiayaan (multifinance) dan sekuritas. Sandiaga turut mendapatkan penghargaan dalam ajang ini sebagai “Tokoh Transformasi Digital”.

Menurut dia, contoh kemudahan yang dialami oleh para pengguna layanan finansial adalah cashless banking. Layanan ini tidak hanya efisien dan efektif di kondisi seperti pandemi corona saat ini. Layanan nontunai juga menjadi salah satu pendorong perubahan budaya di masyarakat.

“Dulu kita harus pegang uang tunai tetapi sekarang harus dalam bentuk pembayaran yang digital dan ini adalah bagian dari pada digitalisasi yang terjadi di seluruh ekonomi kita. Saya yakin dengan semakin banyaknya entrepreneur muda kita menciptakan peluang-peluang usaha, membuka lapangan kerja, menciptakan inovasi-inovasi sehingga layanan produk layanan jasa untuk kebutuhan sehari-hari kita semakin stabil dan terjangkau,” ujar pengusaha yang kerap disapa Sandi ini.

Sandi mengatakan bahwa dirinya tidak ingin para millennial hanya mengeluhkan sulitnya mencari kerja mencari kerja. Peluang membuka lapangan kerja sendiri atau menjadi entrepreneur patut dilirik sebagai pilihan masa depan. Menurut dia, kaum millennial seharusnya tidak hanya mengeluh harga listrik mahal, harga kuota mahal. Justru kondisi-kondisi tersebut menjadi peluang untuk menghadirkan terobosan teknologi digital untuk memudahkan layanan. Terobosan berupa aplikasi digital mampu menciptakan solusi-solusi yang langsung aplikatif dan berperan membangun masa depan yang lebih sejahtera adil dan makmur.

Sementara itu, Founder & CEO Iconomics Bram S Putro menjelaskan bahwa acara Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands ini merupakan dukungan dan apresiasi konkret dari Iconomics kepada perusahaan-perusahaan keuangan.  Sebagaimana Sandi, dia berpandangan bahwa digitalisasi yang sudah diadopsi oleh perusahaan-perusahaan keuangan sangat bermanfaat saat Indonesia dan dunia dihantam oleh Covid-19.  

“Kemajuan teknologi digital pada industri jasa keuangan saat ini harus selalu diapresiasi. Seiring perkembangan teknologi digital dan perubahan perilaku konsumen, khususnya millennial, digitalisasi hukumnya wajib, sudah tidak ada kompromi lagi. Dengan digitalisasi pula, akan semakin mempercepat literasi dan inklusi keuangan,” kata CEO Iconomics., ucap Bram.


Editor: Iman More

Berita Terkait

Berita Terkini

Diciduk Polisi Lagi, Tes Urine Millen Cyrus Positif Benzo

Propublik.id, Jakarta -- Selebgram Millen Cyrus kembali harus berurusan dengan aparat Polda Metro Jaya setelah terciduk saat berada di Kafe Brotherhood, Jakarta Selatan, pada...

650 Pendidik dan Tenaga Pendidik Disuntik Vaksin COVID-19

Propublik.id, Jakarta -- Pemerintah memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pendidik dan tenaga pendidik (PTK), yang ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi massal bagi 650 orang PTK...