25.7 C
Jakarta
Minggu, Januari 24, 2021

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Propubliki.id, Papua Barat-Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat Yusuf mengatakan jajaran di wilayah hukumnya akan berperan mengawal Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Selain itu juga kata Yusuf sesuai Instruksi Jaksa Agung Nomor 8 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Optimalisasi Tugas Dan Fungsi Kejaksaan Republik Indonesia Dalam Pelaksanaan Refocusing Kegiatan Dan Realokasi Anggaran Bersumber Dari APBN, APBD, dan Dana Desa untuk Penanggulangan Covid-19.

Hal itu kata Yusuf, guna turut menciptakan kondisi yang mendukung melalui pendampingan hukum terhadap kebijakan yang akan dan telah dilakukan Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD dan pemerintah Desa. Sebabnya selaku pucuk pimpinan Kejaksaan di Bumi Kasuari itu dia menghimbau kepada jajarannya di bidang Intelijen, dan Datun untuk mengawal penerima bansos tersebut agar tepat sasaran.

“Saya harapkan penerima bansos dan dana tunai sudah sesuai, agar menciptakan transparansi penyaluran dengan demikian, masyarakat pun dapat saling mengawasi,” ucap Yusuf kepada propublik.id, Manokwari, Papua Barat, baru-baru ini.

Senada dengan Kajati, Wakil Kepala Kejati Papua Barat, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, pun berharap kepada jajarannya di Kejari Se-Papua Barat untuk berperan aktif dan terlibat sepenuhnya, serta turut menciptakan kondisi yang mendukung melalui pendampingan hukum terhadap kebijakan yang akan dan telah dilakukan Pemerintah Daerah, terkait Percepatan Penanganan Covid-19.

Hal itu ditegaskannya, saat pelaksanaan Video Conference (vicon) Kamis, 4 Juni 2020.

Sebelumnya Jaksa Agung Burhanuddin saat mengelar halal bihalal melalui sarana Vicon, pada 27 Mei 2020 menambahkan sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo, dirinya meminta kepada segenap jajaran Kejaksaan agar bersikap tegas untuk menjamin kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan pelaksanaan dari new normal life sebagaimana peruntukkannya.

Pendirian sikap ini demi konsistensi penegakan hukum, menjaga kewibawaan pemerintah atau aparat serta berujung akhir pada keselamatan jiwa penduduk Indonesia.

Sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Jaksa Agung RI di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNP) dalam kesempatan yang lalu terkait pelanggaran atas PSBB, Jaksa Agung RI menyatakan dengan tegas bahwa setelah tiga hari untuk sosialisasi dan tiga hari upaya preventif masih juga ditemui pelanggaran-pelanggaran, maka disitulah saatnya diambil langkah-langkah represif demi menyelamatkan rakyat Indonesia dari penularan Covid-19.

“Pemberian sanksi maksimal baik berbentuk denda, kurungan atau penjara ditujukan kepada siapa saja yang melanggar peraturan sebagai efek jera, terlebih bagi mereka yang melakukan kekerasan terhadap petugas atau yang mencoba- coba melakukan pembangkangan sipil terhadap kebijakan pemerintah,” tegas Jaksa Agung ketika itu.

Berita Terkait

Tinggalkan pesan anda

Ketik komentar anda
Masukan nama anda

Berita Terkini

Mengharukan…Wakapolres Subang Bangun Rumah Tidak Layak Huni Milik Kopka Hamim

Subang – Kopka Hamim Mulyono salah satu Anggota Koramil Purwadadi yang baik dalam penugasan, namun disatu sisi kehidupan pribadinya cukup memprihatinkan, dimana yang bersangkutan...

Kades Tanjung Siang Subang Dukung Komjen Listyo Jadi Kapolri

SUBANG //- Pencalonan Kepala Bareskrim (Kabareskrim Polri) Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat Kabupaten Subang. Masyarakat Kabupaten Subang...