26.2 C
Jakarta
Selasa, Maret 2, 2021

Tim Forensik Gali Makam Ibu dan Calon Bayi, Polres Tomohon Lakukan Otopsi

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Propublik.id, Sulawesi Utara-Tim penyidik Polres Tomohon bersama tim Forensik RSUP Prof. Kandou lalukan ekhumasi atau penggalian dan otopsi sebagai tindak lanjut proses hukum terhadap kematian Melvin Amelia Suak (33) bersama calon bayi saat melakukan proses persalinan di Rumah Sakit Umum GMIM Bethesda Tomohon, Sulawesi Utara, beberapa bulan lalu.

Jasad Warga Desa Wolaang, Kecamatan Langowan Timur, Kabupaten Minahasa, Melvin dan calon bayi yang masih dalam kandungan ini, sudah dimakamkan sejak 10 April 2020 lalu di pemakaman umum Desa Tompaso Dua, Kecamatan Tompaso Barat, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot, mengatakan proses ekhumasi yang dilakukan Sabtu (13/6/2020) ini dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian.

“Ini dilakukan guna mengetahui penyebab kematian korban,” kata Bambang.

Untuk proses eskhumasi ini, menurut Bambang berlangsung sejak pukul 06.30 WITA sampai selesai. Dimana Jasad Melvin dibawa ke RDUP Prof Kandou dan usai diotopsi langsung dibawa kembali ke tempat perkuburuan umum Tompaso Dua untuk di makamkan kembali.

“Jenasah di bawa menggunakan ambulance ke RSUP Kandou Manado dikawal mobil buser Sat Reskrim. Kemudian pukul 10.00 Wita dilakukan pelaksanaan otopsi di RSUP Kandou. Setelah selesai otopsi jenasah kembali dibawa ke pekuburan dengan ambulans dengan pengawalan yang sama untuk dimakamkan kembali,” ujar Bambang.

Terkait hasil Otopsi, Bambang mengatakan tinggal menunggu hasil dari tim dokter.

“Hasilnya belum ada. Tergantung mereka (tim dokter). Kita tunggu saja,” ujar Bambang.

 

Sementara itu, menurut suami korban Windo Mailangkay yang didampingi kuasa hukumnya Youdy Ingkiriwang menyambut baik tindak lanjut proses hukum kasus ini. Dimana terkait dilakukan ekhumasi, keluarga korban membantu tim forensik dalam penggalian maupun pemakaman kembali.

“Kami menyambut baik proses ini. Namun hingga usai Otopsi dilakukan, kami tinggal menunggu hasil eskhumasi forensik lanjutan,” kata Youdy.

Berikut Proses Eskhumasi Jasad Melvin Suak dari Pekuburan Umum Tompaso Dua Hingga ke RSUP Prof Kandou dan kembali lagi ke Perkuburan sejak Pukul 06.30 Wita-10.00 Wita.

-Pukul 06.30 WITA personil dan mobil ambulance bergerak dari Polres Tomohon menuju pekuburan di Pekuburan umum Desa Tompaso dua Kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa.

-Pukul 07.00 WITA dari pekuburan, jenasah di bawa menggunakan ambulance ke RS Kando Manado dikawal mobil buser Sat Reskrim.

-Pukul 08:30.WITA anggota yang ditunjuk mendampingi KBO untuk turun di pos pengawasan covid CITRA LAND Manado untuk kordinasi kelancaran perjalanan dengan membawa surat Tugas dan Surat Keterangan Sehat para personil yang dikeluarkan oleh poliklinik Polres Tomohon.

-Pukul 10.00 Wita pelaksanaan otopsi,
-Setelah selesai otopsi jenas kembali dibawa ke pekuburan dengan ambulans dikawal mobil buser dalam rangka untuk di kubur kembali di Tompaso Minahasa.

Editor: Edward Panggabean

Berita Terkait

Berita Terkini

Diciduk Polisi Lagi, Tes Urine Millen Cyrus Positif Benzo

Propublik.id, Jakarta -- Selebgram Millen Cyrus kembali harus berurusan dengan aparat Polda Metro Jaya setelah terciduk saat berada di Kafe Brotherhood, Jakarta Selatan, pada...

650 Pendidik dan Tenaga Pendidik Disuntik Vaksin COVID-19

Propublik.id, Jakarta -- Pemerintah memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pendidik dan tenaga pendidik (PTK), yang ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi massal bagi 650 orang PTK...