Acara pencalonan Amy Coney Barrett sebagai Hakim Agung AS di Rose Garden Gedung Putih, Washington DC, AS, Sabtu (26/9/2020). 10 orang yang hadir di acara ini telah dinyatakan positif Covid-19, termasuk Presiden Donald Trump dan istrinya Melania Trump. Foto: Sky.com
Acara pencalonan Amy Coney Barrett sebagai Hakim Agung AS di Rose Garden Gedung Putih, Washington DC, AS, Sabtu (26/9/2020). 10 orang yang hadir di acara ini telah dinyatakan positif Covid-19, termasuk Presiden Donald Trump dan istrinya Melania Trump. Foto: Sky.com

Trump Positif Covid-19, Ada Klaster Gedung Putih?

 

Propublik.id, Jakarta-Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan melalui akun Twitter pribadi bahwa dia dan istrinya, Melania Trump, positif Covid-19 dan telah menjalani isolasi pada Jumat (2/10/2020). Hal ini menghadirkan spekulasi soal munculnya klaster Gedung Putih, istana Kepresidenan AS.

Indikasi itu muncul dari terdapatnya delapan (8) orang selain presiden dan istrinya yang dinyatakan positif Covid-19, tiga di antara mereka adalah wartawan. Mereka adalah orang-orang yang hadir dalam satu event khusus di Gedung Putih pada Sabtu (26/9/2020).

Event dimaksud adalah acara di Rose Garden, Gedung Putih, saat Presiden Trump mengumumkan pencalonan Amy Coney Barrett sebagai Hakim Agung AS. Acara di taman itu dihadiri oleh ratusan orang yang mayoritas tidak mengenakan masker. Selain itu, tempat duduk diatur secara berdekatan, tanpa memperhatikan protokol Covid-19 tentang pengaturan jarak ideal.

Lima tokoh yang telah dinyatakan positif Covid ternyata hadir pada acara tersebut. Nama pertama adalah Kellyanne Conway (53), mantan penasihat presiden hingga Agustus 2020. Foto dari Sky.com menunjukkan Conway duduk di baris depan.

Ada juga dua senator Partai Republik, yaitu Senator Thom Tillis (60) dari Negara Bagian North Carolina dan Senator Mike Lee (49) dari Negara Bagian Utah.

Turut hadir dalam acara tersebut John Jenkins (65), Presiden Universitas Notre Dame dan Bill Stepien (42) yang adalah manajer kampanye Presiden Trump.

Selain tokoh-tokoh tersebut ada juga tiga wartawan yang dites positif. Menurut Zeke Miller, Presiden Asosiasi Koresponden Gedung Putih, ketiga wartawan tersebut sepanjang akhir pekan lalu melakukan liputan di Gedung Putih atau ikut dalam perjalanan kampanye Presiden Trump. Namun, dia tidak mengungkapkan identitas ketiga wartawan tersebut.

Baca Juga :  Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Satu-satunya orang dekat Presiden Trump yang positif Covid namun tidak hadir dalam ajang di Rose Garden adalah Hope Hicks. Wanita berusia 31 tahun itu adalah penasihat Presiden Trump dan disebut sebagai salah satu orang terdekat Trump.

Dia ikut dalam perjalanan ke Cleveland untuk menghadiri Debat Capres AS pada Selasa (29/9). Dia juga ikut dalam perjalanan ke Minnesota pada hari berikutnya. Pada Kamis (1/10) dia dinyatakan positif Covid. Namun, hasil tes itu tidak segera diinformasikan ke orang-orang terdekat.

Dikutip dari Sky.com, Presiden Trump disebutkan telah mengetahui hasil tes positif yang terjadi pada Hope Hicks pada hari Kamis. Namun, dia tidak melakukan isolasi mandiri sebagaimana protokol kesehatan bagi mereka yang telah berkontak langsung dengan orang yang telah dites positif.

Sebaliknya, dia tetap melanjutkan perjalanan pengumpulan dana ke New Jersey. Sekembalinya dari New Jersey, pada Jumat dini hari, Trump mengumumkan bahwa dia dan istrinya positif Covid-19.

Editor: Dwi Christianto

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa komentarmu?