1.5 C
Munich
Senin, Maret 8, 2021

Tumpukan Sampah Liar Masih Ditemukan di Beberapa Titik Kabupaten Jombang

Must read

Propublik.id, Jakarta – Diperkirakan bulan Juli 2020 ini, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang direncanakan akan melaksanakan proyek besar untuk pembangunan Tempat Pembuangan Akhir sampah di bilangan Banjardowo, Kecamatan Jombang.

“Bobot sampah se – Kabupaten Jombang setelah ditimbang mencapai 500 ton, sedangkan yang bisa diolah  baru 100 ton sampah,” ungkap Kudus, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang, beberapa hari lalu, Jum’at (19/6/2020).
Diterangkan Kudus, sisa sampah yang tidak tertangani sebanyak 400 ton, perlu penambahan areal untuk pengolahan sampah dala rangka pengurangan emisi dan manajemen persampahan.
Sementara di Kabupaten Jombang ditemukan beberapa titik sampah liar, salah satunya di Jalan Prabu Siliwangi, tepatnya perbatasan antara Kelurahan Jelakombo dan Dusun Sumbermulyo, Desa Sumbermulyo.
Kendati diangkut oleh petugas kebersihan dengan menggunakan dumptruck. Namun sampai saat ini sampah masih dibuang di jalan itu oleh orang yang notabene tidak mau peduli dengan keasrian lingkungan.
Sayangnya Praptiwi yang menangani persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup di Kabupaten Jombang, tidak mau menjelaskan secara detail letaknya dimana saja.
“Pembuangan dan penumpukan sampah itu berlangsung lama, tapi yang jelas itu bukan sampah dari Desa Sumbermulyo,” kaya Fuad, Kepala Desa Sunbermulyo yang berhasil ditemukan di kantor desanya,
Berbagai sumber yang diperoleh menyatakan bahwa tumpukan sampah liar itu berlangsung lama, tepatnya di Dusun Sumbermulyo, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto. Hanya beberapa meter berbatasan dengan Kelurahan Jelakombo, Kecamatan Jombang.
“Itu yang kita ketahui sampah itu dibuang oleh orang yang lewat, membawa sampah lalu dibuang di tempat itu. Begitu juga pedagang yang sering ketahuan membuang sampah disitu,” terangnya kepada Problik.id.

Ia pun menyatakan telah berkali – kali menegur orang yang membuang sampah namun tidak digubris bahkan bannerpun yang diletakkan ditengah tumpukan sampah tetap tidak diindahkan.

“Inipun sudah ditangani Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang bahkan akan dianggarkan namun saat ini belum ada anggarannya untung menebang pohon dan mengganti tanaman agar dipinggir jalan itu dijadikan tempat pembuangan sampah,” imbuhnya.

Editor: Iman More

More articles

Latest article