Foto kredit: Freepik
Foto kredit: Freepik

UKM Anda Terdampak Wabah Covid-19? Coba Daftar Program Dana Bantuan dari Facebook

Propublik.id, Jakarta – Setelah sebelumnya menggelontorkan dana $100 juta dalam program dana bantuan untuk media massa di seluruh dunia, kini Facebook menawarkan Program Dana Bantuan UKM dengan nilai yang sama.

Dalam program teranyar yang diumumkan ke email penggunanya, Facebook menawarkan dukungan finansial dalam bentuk uang tunai dan kredit iklan untuk usaha kecil diseluruh dunia untuk membantu bertahan selama waktu yang penuh tantangan ini.

Khusus untuk Indonesia, Facebook menawarkan sekitar Rp12.500.000.000 dalam bentuk dana bantuan untuk sekitar 400 usaha kecil yang memenuhi syarat. Setiap bentuk bantuan bernilai Rp31.017.300 yang terdiri dari Rp19.385.800 dalam bentuk uang tunai dan Rp11.631.500 dalam bentuk kredit iklan opsional untuk membantu selama periode yang penuh tantangan ini (Seluruh angka pada bagian ini merupakan perkiraan).

Dalam situsnya https://www.facebook.com/business/small-business/grants, disebutkan bahwa usaha kecil tidak perlu memiliki akun Facebook untuk mengajukan permohonan dana bantuan ini.

Berikut beberapa persyaratan untuk mengetahui apakah usaha Anda memenuhi syarat untuk mendaftar:

● Merupakan perusahaan bisnis

● Memiliki antara 2 hingga 50 karyawan per 1 Januari 2020

● Telah menjalankan usaha lebih dari 1 tahun

● Telah mengalami tantangan dari COVID-19

● Berlokasi hanya di Jabodetabek

Usaha kecil di Indonesia dapat mengajukan permohonan mereka pada periode antara 6 Oktober 2020 hingga 19 Oktober 2020.

Apa saja yang harus dikirimkan ke Facebook?

1. Akte Perusahaan

2. Akte Perubahan (Jika ada)

3. Tanda Daftar Perusahaan

4. Nomor Induk Berusaha.

“Permohonan Anda penting bagi kami, mohon kesediaan untuk membaca Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi untuk Program Dana Bantuan UKM Facebook dengan teliti. Anda akan diminta untuk menerima ini selama proses permohonan sebelum melakukan pengajuan. Pemohon yang terpilih untuk mendapatkan dana bantuan akan bertanggung jawab atas semua biaya (termasuk biaya bank) dan persyaratan pajak setempat” kata Facebook dalam pengumumannya.

Baca Juga :  Mahkamah Eropa Tolak Transfer Data Pengguna Facebook Ke Server AS

Untuk lebih jelasnya silahkan klik link ini dan jika Anda memiliki pertanyaan, dipersilahkan untuk menanyakan melalui email fbgrants.helpdesk.id@goodera.com.

“Mohon dicatat bahwa permohonan harus diselesaikan pada portal permohonan dan tidak dapat diajukan via email. Setelah Anda mengajukan formulir permohonan pada portal permohonan, mohon pastikan tidak ada tugas atau pertanyaan yang tertunda. Silakan cek email Anda secara rutin untuk pemberitahuan dan langkah selanjutnya,” kata Facebook.

Selamat mencoba!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Comments 3

  1. Avatar Tedy haryono says:

    Ya sy bentuan dalam usaha UMKM untuk menunjang modal dalam bidang pertanian. Trmksh

  2. Cara daftarnya gmn?

Apa komentarmu?