31.7 C
Jakarta
Senin, Maret 1, 2021

Usai Jalani Pemeriksaan, 4 Tersangka Tipikor Ditahan di Dua Rutan

Terpopuler

Kejati Riau Tindak 11 Pelanggar PSBB, Mia: Siap Terapkan New Normal

Kejati Riau telah menindak 11 pelangar PSBB di wilayah hukumnya, dengan tuntutan yang disesuaikan dengan kapasitas perbuatan dari para terdakwa sebagai efek jera bagi masyarakat.

Kades Plosokerep Akui Warganya Terpapar Covid-19

Kepala Desa Plosokerep, tidak menyangka warganya yang bekerja di Surabaya sebagai pedagang sayur terpapar virus corona hingga menular ke istrinya yang lebih dulu memiliki riwayat sakit.

Ibu dan Calon Bayi Meninggal Di Rumah Sakit Swasta Daerah Tomohon

Seorang ibu muda bernama Melvin Amelia Suak, warga Desa Wolaang, Tomohon, merenggang nyawa bersama calon bayinya yang masih dalam kandungan. Kejadian itu terjadi di Rumah Sakit GMIM Bethesda, di daerah tersebut.

Sesuai Arahan Jaksa Agung, Kajati Pabar Siap Kawal Bansos Covid-19

Sesuai arahan Jaksa Agung Burhanuddin, Kepala Kejati Papua Barat meminta kepada jajarannya untuk mengawal dana bansos terkait Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020.

Jakarta, Propublik.id-Dua orang saksi dan 4 orang tersangka diperiksa Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI. Pemeriksaan tersebut terkait dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) dalam pemberian fasilitas pembiayaan dari PT. Danareksa Sekuritas kepada PT. Evio Sekuritas maupun kepada PT. Aditya Tirta Renata (PT. ATR) Tahun 2014-2015.

“Pemeriksaan para saksi dan Tersangka kali ini merupakan pemeriksaan yang kesekian kali guna melengkapi berkas perkara sebelum diajukan ke Jaksa Penuntut Umum pada Direktorat Penuntutan Jampidsus Kejaksagung RI,” ujar Tim Penyidik Jampidus Kejagung Ri melalui Hari Setiyono, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung secara tertulis, Rabu (3/6/2020).

Ia pun menegaskan bahwa pemeriksaan para saksi dan tersangka ini untuk dilakukan penelitian kelengkapan syarat-syarat formiil maupun materiil dalam suatu berkas perkara serta guna menentukan dapat dan tidaknya suatu perkara diajukan ke pengadilan.

“Setelah selesai menjalani pemeriksaan sebagai Tersangka dalam perkara tersebut keempatnya langsung dilakukan penahanan rumah tahanan negara (Rutan) untuk waktu selama 20 (duapuluh) hari terhitung mulai Rabu 3 Juni 2020 s/d 22 Juni 2020,” ungkapnya.

Dijelaskan Hari, penahanan keempat tersangka tersebut berdasarkan Surat Perintah Penahanan Nomor : Print-14, 15, 16 dan 17/F.2/Fd.2/06/2020 tanggal 03 Juni 2020 serta ditempatkan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung RI untuk 2 orang Tersangka dari PT. Aditya Tirta Renata dan Rutan Cipinang Cabang KPK untuk 2 orang Tersangka mantan pejabat PT. Danareksa Sekuritas.

Sementara diungkapkan Kapuspenkum Kejagung RI, pemeriksaan saksi dan tersangka dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Covid 19, dimana Penyidik mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

“Pemeriksaan dilaksanakan dengan memperhatikan jarak aman antara saksi dengan Penyidik serta saksi / tersangka yang diperiksa mengenakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pemeriksaan,” imbuhnya..

Lebih lanjut diterangkan Hari 2 orang saksi yang diminta keterangannya dalam perkara Danareksa – Evio Sekuritas yaitu Gregorius Edwin Kawulusan, ST selaku Mantan General Affair PT. Evio Securitas dan Reynaldi Tri Adytia selaku Direktur PT. Limas Surya Makmur.

Sedangkan 4 tersangka yang diperiksa dalam perkara Danareksa – Evio Sekuritas maupun perkara Danareksa – Aditya Tirta Renata diantarslanya adalah:
1. Ir. Rennier A.R. Latief selaku Komisaris PT. Aditya Tirta Renata sekaligus pemilik modal pada PT. Evio Sekuritas (menjadi Tersangka dalam 2 (dua) perkara tersebut);
2. Marciano Hersondrie Herman, SE. selaku Mantan Direktur Utama PT. Danareksa Sekuritas (Tersangka dalam 2 (dua) perkara tersebut);
3. Zakie Mubarak Yos selaku Direktur PT. Aditya Tirta Renata;
4. Erizal, SE. bin Sanidjar Ludin selaku Mantan Direktur Operasional Finance PT. Danareksa Sekuritas (menjadi Tersangka dalam perkara Danareksa – Aditya Tirta Renata).

Berita Terkait

Berita Terkini

Diciduk Polisi Lagi, Tes Urine Millen Cyrus Positif Benzo

Propublik.id, Jakarta -- Selebgram Millen Cyrus kembali harus berurusan dengan aparat Polda Metro Jaya setelah terciduk saat berada di Kafe Brotherhood, Jakarta Selatan, pada...

650 Pendidik dan Tenaga Pendidik Disuntik Vaksin COVID-19

Propublik.id, Jakarta -- Pemerintah memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pendidik dan tenaga pendidik (PTK), yang ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi massal bagi 650 orang PTK...